Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dongkrak Potensi Pariwisata, Kementerian PUPR Bangun Rest Area Pantai Di Jalur Pansela Jatim

Senin, 25 April 2022 17:45 WIB
Pemandangan dari proyek rest area Gemah di Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Pemandangan dari proyek rest area Gemah di Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun tiga rest area di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Timur. Yaitu rest area Tumpak Untang, Gemah, dan Brumbun, yang berada di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Provinsi Jawa Timur Ida Bagus Made Artamana mengatakan, pembangunan ketiga rest area ini diharapkan dapat mendongkrak potensi pariwisata, dan menjadi kantong Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru bagi masing-masing daerah.

Baca juga : Lewat Pasar Tani, Kementan Terus Kawal Ketersediaan Pangan Di Kalsel

Perekonomian masyarakat setempat juga diharapkan dapat melonjak seiring makin bertambahnya jumlah wisatawan berkunjung ke destinasi wisata sekitar.

Contohnya, di Kabupaten Tulungagung yang terdapat banyak pantai berlatar panorama indah. Seperti Pantai Nglarap, Klatak, dan pantai Gemah.

Baca juga : Antisipasi Kemacetan Di Gerbang Tol Kalikangkung, Ganjar Promosikan Jalur Selatan

"Di Pantai Gemah, kalau tidak puasa seperti sekarang, tiap weekend jumlah pengunjung bisa sampai 5.000-6.000 wisatawan. Ini potensi yang sangat besar," kata Made kepada wartawan saat meninjau proyek pembangunan rest area Gemah, Minggu (24/4).

Kemudian, lanjut Bagus, tidak jauh dari pantai Gemah, ada pantai Sidem, Pantai Bayem, dan pantai Popoh. Di pantai yang terakhir disebut itu terdapat pelabuhan Ikan yang sudah ada sejak zaman Belanda, sehingga bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. "Pantai-pantai di sini juga dominannya pasir putih. Jadi tidak kalah indah dengan Bali. Saya ini orang Bali," tegasnya. 

Baca juga : Potensi Bencana Tinggi, Kemendes Terbitkan Buku Panduan Desa Tangguh

Menurut Bagus, Pantai Gemah dan pantai sekitar Tulungagung sebelumnya bukan destinasi yang banyak diketahui masyarakat. Kondisinya sepi peminat akibat sulitnya akses, sehingga hanya masyarakat lokal saja yang bisa datang untuk menikmati keindahan panoramanya.

Tapi, setelah jalur Pansela dibangun, Pantai Gemah dan lainnya mulai dilirik jadi destinasi wisata baru. Pemerintah Kabupaten setempat juga terus memberi dukungan. Termasuk, dalam proses pembangunan Jalur Pansela yang memang berpotensi memunculkan pariwisata lain di areal Jawa Timur pada umumnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.