Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Investigasi Sementara Kemenkes: Semua Pasien Telat Ditangani, 1 Anak Belum Divaksin Hepatitis

Kamis, 5 Mei 2022 15:58 WIB
Hasil Investigasi Sementara Kemenkes: Semua Pasien Telat Ditangani, 1 Anak Belum Divaksin Hepatitis

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengumumkan hasil sementara investigasi kontak, terhadap tiga kasus hepatitis akut misterius, yang berujung pada kematian.

Salah satu hasilnya, ketiga pasien anak yang masing-masing berusia 2, 8, dan 11 tahun terlambat ditangani.

"Berdasarkan hasil investigasi kontak terhadap kasus yang meninggal dunia, ketiganya datang ke fasilitas kesehatan pada kondisi stadium lanjut. Sehingga, tenaga kesehatan hanya punya sedikit waktu untuk melakukan tindakan pertolongan," ungkap dr. Nadia dalam keterangannya, Kamis (5/5).

Baca juga : BUMN Dan BUMD Banyak Jadi Korban Mafia Impor

Pasien meninggal berusia 2 tahun, ternyata belum mendapatkan vaksinasi hepatitis. Yang berusia 8 tahun, baru mendapatkan satu kali vaksinasi. Sedangkan yang berusia 11 tahun, sudah mendapatkan vaksinasi.

Ketiganya negatif Covid-19. Namun, satu kasus dilaporkan memiliki penyakit penyerta.

“Sampai saat ini, ketiga kasus tersebut belum bisa digolongkan sebagai penyakit hepatitis akut dengan gejala berat. Ini masuk pada kriteria pending klasifikasi, karena masih ada pemeriksaan laboratorium yang harus dilakukan," beber Nadia.

Baca juga : Pakar: Kasus Investasi Lebih Cocok Ditangani Hukum Perdata, Bukan Pidana

"Terutama, pemeriksaan adenovirus dan pemeriksaan hepatitis E yang membutuhkan waktu antara 10 sampai 14 hari ke depan," imbuhnya.

Hasil investigasi juga mengungkap, tidak ditemukan riwayat hepatitis dari anggota keluarga lain, dari ketiga pasien meninggal tersebut. Juga tidak ada anggota keluarga lain, yang mengeluhkan gejala sama.

Keluhan penyakit hepatitis akut misterius didominasi oleh masalah saluran pencernaan (gastrointestinal) seperti mual, muntah, dan diare hebat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.