Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relaksasi Bertahap

Rapor Covid Jawa Bali Cakep, PPKM Jalan Terus

Senin, 9 Mei 2022 16:19 WIB
Menko Marves/Koordinator PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5). (Foto: YouTube)
Menko Marves/Koordinator PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, hingga hari ini, kondisi dan situasi pandemi Covid-19 berada dalam kondisi yang begitu baik.

Bila dilihat secara nasional, sudah 25 hari berturut-turut, jumlah kasus harian berada di bawah 1.000. Selama 25 hari berturut-turut pula, jumlah kasus harian kurang dari 500.

Gambaran baik lainnya, terlihat pada kasus rawat inap nasional, yang terus turun hingga 97 persen.

Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga terbilang sangat rendah. Hanya 2 persen dari keseluruhan bed yang tersedia.

Baca juga : DKI Larang Warga Bakar Petasan Pada Malam Takbiran

Selain itu, kasus kematian akibat varian Omicron juga turun hingga 98 persen. Sementara positivity rate, berada di bawah 0,7 persen.

"Berdasarkan data-data tersebut, kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idul Fitri hingga saat ini, masih terkendali," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (9/5).

Secara khusus, perkembangan pandemi di wilayah Jawa-Bali juga terus menunjukkan tren penurunan yang sangat signifikan dalam semua aspek. Seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, hingga tingkat kematian di hampir seluruh provinsi Jawa dan Bali.

Jumlah kasus di seluruh provinsi di Jawa Bali, hingga hari ini turun hingga 99 persen, dibanding puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu.

Baca juga : Apresiasi Penggunanya, Honda Bikin Film Sepanjang Jalan

"Seiring dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19, langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut," ujar Luhut.

Luhut menambahkan, kondisi pandemi yang disebabkan oleh varian Omicron di Indonesia terlihat terus membaik, berkat langkah-langkah pengendalian yang dilakukan secara efektif. Sehingga, kinerja perekonomian Indonesia hingga hari ini tetap terjaga.

Di tengah terus membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di tanah air, pemerintah akan terus mempermudah dan melonggarkan relaksasi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarajat (PPKM). Dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan, yang ditetapkan pemerintah.

Informasi rinci mengenai aturan pelonggaran ini, akan dituangkan ke dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) atau Surat Edaran Satgas Covid-19, yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Baca juga : Cek Di Sini, 26 Daerah Di Luar Jawa Bali Yang Mangkal Di Level 1

"Pemerintah juga menegaskan, masih dan akan terus memberlakukan aturan PPKM Jawa Bali, hingga waktu yang masih belum ditentukan. Mengikuti hasil evaluasi secara reguler yang dipimpin langsung oleh Presiden," tandas Luhut. [SAR]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.