Dark/Light Mode

Bekali Praja Dengan Pengetahuan Ketenagakerjaan

IPDN Dan ILO Teken Kerja Sama

Kamis, 19 Mei 2022 20:58 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)

 Sebelumnya 
Sementara Michiko Miyamoto dalam kuliah umumnya soal Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pasar Kerja menjabarkan, pandemi Covid-19 ini memberikan dampat besar terhadap pasar ketenagakerjaan baik di Indonesia maupun di dunia.

Meskipun recovery alias pemulihan sudah mulai dilakukan, tapi belum sepenuhnya dan ada kemungkinan bidang ketenagakerjaan belum akan kembali seperti masa pra pandemi hingga 2023.

Beberapa dampak yang terlihat, kata dia, yakni penurunan atau bahkan hilangnya jam kerja yang signifikan di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, turunnya pendapatan tenaga kerja yang juga akan berpengaruh terhadap pendapatan keluarga, yang nantinya akan semakin memperburuk kemiskinan.

Baca juga : IMI Terus Matangkan Penyelenggaraan MXGP 2022 di Samota NTB

Ia melanjutkan, hingga tahun 2021 saja 224 juta orang pekerja masih hidup dalam kondisi sangat miskin. Di Indonesia contohnya, saat ini hanya 1 dari 4 orang yang dapat menikmati manfaat jaminan sosial.

"Ini tentunya menjadi tugas dari para praja IPDN yang nantinya akan menjadi aparatur sipil negara untuk dapat membantu pemerintah merumuskan kebijakan dalam menyikapi ini," jelasnya.

Ia juga memaparkan tantangan di masa depan yang harus dihadapi para calon abdi negara, yakni perubahan demografi, perubahan iklim, globalisasi dan otomasi teknologi dan transformasi digital di tempat kerja.

Baca juga : Menkes: Pelonggaran Pemakaian Masker Langkah Transisi Menuju Endemi

Dalam pandangannya, ada 6 prioritas pasar kerja yang harus dilakukan dalam mempercepat recovery pasca pandemi yakni menumbuhkembangkan keberlanjutan usaha, meningkatkan keterampilan, mempercepat formalisasi, memperluas ketenagakerjaan dan jaminan sosial, mendorong terwujudnya kesetaraan gender dan memperkuat dialog sosial.

Acara yang digelar secara daring dan luring yang diikuti seluruh civitas akademika IPDN baik kampus pusat maupun kampus daerah, juga hadir pula dalam acara ini yakni Atase Ketenagakerjaan Kedubes Jepang Hiroki Sasaki, Project Manager ILO Abdul Hakim dan juga jajaran pimpinan dari IPDN. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.