Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diteken, RI & AS Sepakati Kerja Sama Mendukung FOLU Net Sink 2030

Minggu, 22 Mei 2022 08:53 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan) menyaksikankerja sama FOLU Net Sink 2030 Indonesia yang  ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono (kedua kanan) dan Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P Cohen (kiri) di Jakarta pada Jumat (20/5/2022).
Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan) menyaksikankerja sama FOLU Net Sink 2030 Indonesia yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono (kedua kanan) dan Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P Cohen (kiri) di Jakarta pada Jumat (20/5/2022).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian LHK menjalin kerja sama dengan Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) sepakat  mendukung FOLU Net Sink 2030 Indonesia.

Kerja sama ini diteken oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mewakili KLHK dan Mission Director USAID Indonesia, Jeffrey P. Cohen, di Jakarta pada Jumat (20/5).

Dalam keterangannya, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan, kerja sama dilakukan untuk mendukung visi jangka panjang Indonesia dalam  mengimplementasikan Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030, yang sejalan dengan Strategi Iklim USAID 2022-2030.  
 
"Pencapaian Indonesia FOLU Net Sink 2030 menuntut untuk memobilisasi, mengoordinasikan dan mengatur semua sumber daya, termasuk publik, swasta dan komunitas internasional," ujarnya.

Baca juga : Teken, RI Jalin Kerja Sama Adopsi Teknologi Pertanian Jepang

Pada awal kerja sama ini, KLHK dan USAID akan mengembangkan pengaturan detil lebih lanjut yang berasal dari MoU untuk implementasi kerja sama.

"Saya ikut mendorong secara teknis didetilkan dan secepatnya rencana kegiatan dapat dimplementasikan di lapangan secara tepat," terangnya.

Menteri dua periode ini juga menyampaikan terima kasih atas rekognisi Dubes Kim, atas kerja-kerja Pemerintah RI, kerja kolaboratif semua pihak  di tanah  air  dalam upaya  membangun secara berkelanjutan, pengendalian kerusakan hutan, pemulihan hutan, dan penertiban perizinan serta pengendalian perubahan iklim dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Baca juga : BSSN & Kemenkeu Perpanjang Kerja Sama Dukung Layanan SPBE

Dubes AS Puji Kinerja KLHK

Sementara Duta Besar AS untuk Indonesia, Kim Y Sung menambahkan, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat sangat penting untuk penurunan emisi gas rumah kaca, terutama di sektor kehutanan dan penggunaan lahan.  

Dubes Kim mengucapkan selamat atas upaya besar KLHK untuk mengurangi deforestasi di Indonesia. 

Baca juga : Jokowi Harap Para CEO AS Bangun Kerja Sama Konkret Di G20

“Kami apresiasi atas laju deforestasi telah mencapai titik terendah dalam 20 tahun. Amerika Serikat mendukung Pemerintah Indonesia untuk membantu menjamin keberlanjutan jangka panjang dari pencapaian-pencapaian hingga saat ini,” tuturnya. 

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan upaya Pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap hutan dan sumber daya hutan, dan untuk mengurangi deforestasi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.