Dark/Light Mode

Bareng ChildFund, Kemendikbudristek Perkuat Keterampilan Nonteknis SMK

Rabu, 25 Mei 2022 14:57 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara Country Director ChildFund di Indonesia Hanneke Oudkerk mengatakan, materi yang diusungnya berguna bagi orang muda saat memasuki dunia kerja dan bisnis.

Menurutnya, integrasi keterampilan nonteknis ke dalam pendidikan vokasi di sekolah kejuruan dan politeknik belum dilakukan secara terstruktur dan masif.

Baca juga : MPR Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

"Dari kondisi inilah, ChildFund International di Indonesia berinisiatif menjadi pionir integrasi keterampilan nonteknis ke dalam pendidikan vokasi," beber Hanneke.

Dia bilang, modul yang diberikan menyediakan banyak pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif. Materi ini sangat baik untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi kaum muda untuk memasuki dunia kerja dan usaha.

Baca juga : Kemendikbudristek Minta Peran Aktif Peserta Dalam Pertemuan Kedua EdWG G20

Beberapa komponen penting di dalam modul ini di antaranya, literasi keuangan, komunikasi, kesetaraan gender, kesehatan reproduksi dan konsep perlindungan anak.

Selain melalui pembelajaran tatap muka, ChildFund juga melakukan langkah digitalisasi sehingga materi keterampilan nonteknis ini juga dapat digunakan dalam pembelajaran daring.

Baca juga : Jadi Guru Tamu, Mendikbudristek Masuk Kelas Bersama Desta

Youth Development Specialist ChildFund di Indonesia, Meinrad Indra Cahya menambahkan, materi ini bukan yang pertama diberikan kepada anak Indonesia. Sejak tahun 2021 ChildFund bermitra dengan SMKN 1 Pringapus dalam mengintegrasikan modul keterampilan nonteknis ke dalam kurikulum pendidikan vokasi.

"Dengan materi yang berjenjang, terstruktur dan berkesinambungan, modul ini disampaikan kepada siswa kelas 10 hingga 12," terangnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.