Dark/Light Mode

Pemerintah Dan DPR Sepakati Tambahan Anggaran Operasional Haji 1443 H

Rabu, 1 Juni 2022 08:43 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas (tengah depan) saat rapat bersama Komisi VIII DPR, Selasa (31/5). (Foto: Dok. Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (tengah depan) saat rapat bersama Komisi VIII DPR, Selasa (31/5). (Foto: Dok. Kemenag)

 Sebelumnya 
"Dalam FGD kami telah menerima berbagai masukan dari Pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR terkait tambahan anggaran operasional haji tahun 1443H/2022M," ujar Menag Yaqut, Selasa (31/5).

Tambahan anggaran tersebut, lanjut Menag Yaqut berupa anggaran paket layanan Masyair Jemaah Reguler, tambahan anggaran paket layanan Masyair untuk Petugas Haji Daerah (PHD) dan Pembimbing KBIHU, Technical Landing Jemaah Embarkasi Surabaya, biaya selisih kurs penerbangan Saudi Arabian Airlines, dan biaya operasional haji khusus.

"Kami mengucapkan terima kasih atas berbagai masukan dan kesepakatan dari Pimpinan dan Anggota Komisi VIII DPR terkait tambahan anggaran operasional haji tahun ini," ujar Menag Yaqut.

Baca juga : Komisi VIII DPR Gercep Bahas Tambahan Anggaran Kemenag

Adapun anggaran tambahan yang disepakati antara pemerintah bersama Komisi VIII DPR antara lain, Masyair jemaah reguler yang dibagi dua: Rp. 700.000.000.000.00 menggunakan anggaran efisiensi haji dan senilai Rp 791.625..022.687 menggunakan anggaran nilai manfaat keuangan haji.

Untuk Technical Landing Embarkasi Surabaya Rp 25.733.232.000.00 menggunakan efisiensi anggaran haji dan selisih kurs Rp. 19.279.594.400 menggunakan efisiensi haji, valas, dan safeguarding. Total anggaran tambahan operasional haji yang disepakati Rp. 1.536.637.849.087, dengan kurs SAR1 3.920.

Kesepakatan tambahan anggaran operasional haji tahun 1443H/2022M ini ditandatangani Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Kepala BPKH Anggito Abimayu.

Baca juga : Ratusan Relawan OMG Deklarasi Ganjar Presiden 2024

"Atas dukungan dan persetujuan serta kerja sama unsur Pimpinan dan Anggota Komisi Vlll DPR-RI dan Pemerintah, kami mengucapkan banyak terima kasih," ujar Menag Yaqut.

Ia menyatakan, Kemenag bermohon kepada Allah SWT, semoga apa yang dipikirkan senantiasa mendapatkan bimbingan dan ridha-Nya.

"Semoga semua yang kami lakukan memberikan manfaat dan menjadi sumbangan berharga bagi peningkatan penyelenggaraan ibadah haji pada khususnya dan kemakmuran bangsa dan negara pada umumnya. Aamiin," pungkas Menag Yaqut.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.