Dewan Pers

Dark/Light Mode

Irigasi Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan Petani Probolinggo

Kamis, 2 Juni 2022 12:31 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani di Desa Tegalrejo, Kecamatan Dringu, Kota Probolinggo, merasakan betul manfaat irigasi pertanian. Berkat irigasi yang merupakan program Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) itu, kesejahteraan petani di Desa Tegalrejo berangsur membaik. Hal itu berkat produktivitas pertanian mereka yang terus melonjak.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, tujuan program irigasi pertanian untuk memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai suplai air irigasi bagi komoditas tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan serta budidaya ternak agar dapat berkembang dengan baik.

Irigasi pertanian, menurut SYL, juga sebagai solusi saat musim kemarau melanda.

"Kementan memiliki banyak jenis program irigasi, seperti irigasi perpipaan, perpompaan, embung dan lainnya. Irigasi bertujuan menjaga tingkat produktivitas petani dalam mengembangkan budidaya pertanian. Irigasi juga berfungsi menjaga ketersediaan air saat musim kemarau tiba," kata SYL.

Berita Terkait : Percepatan PSR Tingkatkan Kesejahteraan Pekebun Sawit

Direktur Jenderal PSP Kementan Ali Jamil menambahkan, pengelolaan air irigasi harus dilakukan dari hulu sampai ke hilir. Sebab, tidak berfungsinya atau rusaknya salah satu bangunan infrastruktur irigasi akan mempengaruhi kinerja sistem irigasi.

“Akibatnya, efisiensi dan efektivitas irigasi akan berkurang. Tentu itu akan berpengaruh terhadap pengembangan budidaya pertanian dan produktivitas hasil tani," kata Ali.

Selain itu, Ali menilai irigasi juga bisa meningkatkan intensitas pertanaman dan atau luas areal tanam, meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan kesejahteraan petani. 

“Berangkat dari hal itu, kita harus memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai air irigasi, baik di daerah irigasi maupun non-daerah irigasi," papar Ali.

Berita Terkait : Rusia Siap Teken Perjanjian Damai Dengan Ukraina, Reaksi Kiev Ditunggu

Menurut Ali, irigasi merupakan solusi pengairan bagi petani saat musim kemarau, sehingga produksi pertanian benar-benar tidak terganggu. 

“Sebagai bagian dari water management, irigasi ini memastikan air bisa selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian dalam kondisi dan situasi apapun," tutur Ali.

Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementan Rahmanto berharap, masyarakat sekitar bisa menjaga dan memaksimalkan fungsi irigasi perpipaan ini. 

“Sehingga bukan hanya produktivitas yang meningkat, tetapi juga pendapatan para petani,” katanya.

Berita Terkait : Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sebab, kata Rahmanto, irigasi merupakan faktor penting bagi petani untuk dapat meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) mereka. "Air yang mengalir dengan baik mampu meningkatkan IP pertanian," tutur Rahmanto..

Oleh karenanya, Rahmanto menjamin instansinya akan terus memastikan jika air selalu tersedia untuk mendukung produksi pertanian.Salah satunya melalui program irigasi pertanian.■