Dark/Light Mode

Kemenag Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Jakarta

Sabtu, 4 Juni 2022 09:38 WIB
Jemaah kloter 1 Embarkasi Jakarta menaiki bus menuju bandara Soekarno-Hatta. (Foto: ist)
Jemaah kloter 1 Embarkasi Jakarta menaiki bus menuju bandara Soekarno-Hatta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU), Hilman Latief melepas, keberangkatan kelompok terbang (kloter) 1 calon jemaah haji Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu (04/6) dini hari.

Sebanyak 10 bis DAMRI disiapkan untuk mengangkut rombongan yang terdiri dari 389 jemaah haji dan empat orang petugas dari Asrama Haji Pondok Gede menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Pemberangkatan dimulai sejak pukul 03.15 WIB.

Prosesi pelepasan Kloter 1 ditandai dengan penyerahan pataka bendera Merah Putih kepada petugas oleh Dirjen PHU Hilman Latief.  Keberangkatan kloter pertama ini sekaligus menandai dimulainya Masa Operasional Haji Indonesia 1443H/2022M. 

Baca juga : PPIH Daker Madinah Siap Sambut Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia

Ikut melepas jemaah Kloter pertama Stafsus Menag Wibowo Prasetyo, Direktur Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, Kakanwil Kemenag DKI Cecep Khairul Anwar, dan Kepala Biro HDI Akhmad Fauzin. 

Dalam kesempatan tersebut Hilman Latief meminta  jemaah untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan selama proses keberangkatan menuju tanah suci. "Bapak dan Ibu jaga disiplin protokol kesehatan serta mematuhi peraturan di Arab Saudi. Ingat slogan kita Mabrur, Sehat, Barokah," pesan Hilman. 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Kementerian Kesehatan dan semua mitra kerja yang telah ikut menyukseskan penyelengaraan ibadah haji tahun ini. 

Baca juga : Super Untung Deals Berikan Hadiah Hingga Milyaran Rupiah

Hilman menambahkan, jemaah kloter pertama ini diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.45 WIB mengunakan maskapai Garuda Indonesia. Mereka diperkirakan tiba di  Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah pada 12.10 Waktu Arab Saudi (WAS).

Selain Jakarta Pondok Gede, Hilman menyebutkan, ada empat embarkasi lain yang akan memberangkatkan jemaahnya pada hari ini. Total sebanyak 2.776 jemaah, yang tergabung dalam tujuh kloter dan berasal dari lima embarkasi akan diberangkatkan ke Tanah Suci hari ini.

Berikut rinciannya:
1. Embarkasi Solo (SOC) dua kloter, yaitu:
    a. SOC 01 sebanyak 360 jemaah,
    b. SOC 02 sebanyak 360 jemaah,
2. Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) satu kloter, yaitu:
    a. JKG 01 sebanyak 393 jemaah
3. Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dua kloter, yaitu:
    a. JKS 01 sebanyak 410 jemaah,
    b. JKS 02 sebanyak 410 jemaah,
4. Embarkasi Surabaya (SUB) satu kloter, yaitu:
    a. SUB 01 sebanyak 450 jemaah, dan
5. Embarkasi Padang (PDG) satu kloter, yaitu:
    a. PDG 01 sebanyak 393 jemaah. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.