Dark/Light Mode

KLHK & B2W Kampanyekan Gerakan Bersepeda Kurangi Emisi Gas

Minggu, 5 Juni 2022 17:57 WIB
Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro (kanan) menggelar aksi sejuta sepeda satu Indonesia bersama Bike to Work (B2W) dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Minggu, (5/6)
Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro (kanan) menggelar aksi sejuta sepeda satu Indonesia bersama Bike to Work (B2W) dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Minggu, (5/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia , komunitas sepeda Jabodetabek yang tergabung “Bike To Work (B2W)” Indonesia melakukan gowes bersama dengan jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Minggu (5/6). 

Komunitas sepeda ini melakukan gowes secara terpisah, dari kantor Balai Kota DKI Jakarta, Tangerang Selatan (Tangsel) dan daerah sekitarnya ke Gedung Manggala Wanabakti.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro berharap  gerakan  bersepeda semakin membudidaya di momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Melakukan gerakan untuk membudayakan bersepeda dengan komunitas Bike To Work (B2W) harus dilakukan di semua wilayah untuk mengurangi polusi. Namanya lingkungan itu harus merupakan gerakan sosial gerakan masyarakat sehingga efeknya dapat dirasakan,” jelas Sigit saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Seduaini, Minggu (5/6).

Baca juga : Jokowi: Saya Tak Bisa Bayangkan, Betapa Berat Perasaan Dan Beban Kang Emil, Juga Istri

Ia melanjutkan, dengan membudidayakan bersepeda juga menjadi satu upaya berbagai komunitas untuk membuat gerakan yang mencintai lingkungan.

“Ini salah satu upaya KLHK dengan berbagai komunitas untuk menjadi gerakan yang mencintai lingkungan,” paparnya.

Sigit menambahkan, gerakan ini juga berdampak baik bagi kualitas udara di Indonesia secara khusus di Jakarta. Hal itu, kata Sigit, lantaran gerakan bersepeda dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Kita mendorong Pemerintah Daerah untuk menyediakan jalur khusus bersepeda, sehingga orang bisa jalan dan mengurangi dengan kendaraan pribadi,” jelas dia.

Baca juga : OPini Balitbang Hukum Dan HAM Ajak Perempuan Berperan Di G20

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sigit tak menutup kemungkinan, akan menerapkan para pegawai KLHK untuk bersepeda saat bekerja.

“Mudah mudahan kita bisa membudayakan itu, karena sebetulnya banyak dari Bogor yah dari rumah ke bus umum KLHK menggunakan kendaraan bersama yang penting tidak menggunakan kendaraan pribadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua I Bidang Internal B2W,  Amran Jamaludin berharap, di Hari Lingkungan Hidup Sedunia sepeda dapat menjadi momentum untuk menjaga lingkungan.

“Ini sebuah kegiatan yang bisa memperlihatkan pesepeda itu kalau di kota jakarta menginginkan ke depan kota yang lebih bersih lagi dari solusi  dan aktivitas sepeda ini kegiatan olahraga dan momentum hati lingkungan hidup ini memberikan sumbangsih besar,” beber dia.

Baca juga : IKN Bakal Dongkrak Budaya Kutai

Ia menjelaskan, udara akan semakin  bersih dengan aktivitas sepeda dan dapat mengurangi emisi dan menjadi bagian solusi.

“Semakin bersih udara dan juga kita melakukan aktivitas sepeda ini mengurangi emisi dan mengurangi solusi dan sejalan lingkungan hidup yang baik,”pungkas dia.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penanaman pohon, peresmian parkir sepeda dan pelepasan burung kutilang. Tidak hanya itu dalam acara tersebut juga ada deklarasi Manggala Wanabakti.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.