Dark/Light Mode

Jelang Pemilu 2024

Ingat, Jangan Pilih Calon Pemimpin Anti Pancasila

Rabu, 8 Juni 2022 07:55 WIB
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar. (Foto: Istimewa)
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut Eberta, terdapat empat poin pentingnya Pemilu sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat. Pertama, sarana terjadinya peralihan pemerintahan secara aman dan tertib.

Kedua, memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menggunakan hak politiknya.

Ketiga, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Dan keempat, mempertahankan kedaulatan rakyat dan tetap tegaknya NKRI.

Baca juga : Indonesia Rebut Juara, Ini Harapan Christian Dan Zacha

“Pemilu yang sukses dalam hal penyelenggaraan akan melahirkan pemimpin berkualitas yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Sesuai dengan pilihan terbanyak hasil pilihan rakyat,” jelasnya.

Dalam acara yang sama, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Ahmad Nurwakhid menyatakan, radikalisme dan terorisme mengancam ideologi Pancasila.

Radikalisme menjadi dasar semua terorisme, suatu kelompok yang menginginkan perubahan mendasar secara radikal.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Mentan Pastikan Pasokan Daging Dan Sapi Aman

Semua teroris berpaham radikal dan bersikap intoleran/eksklusif. Dalam konteks Pemilu/Pilkada, golongan ini sebenarnya anti-demokrasi dan menunggangi demokrasi untuk kepentingan politik.

Sementara, Ketua Yayasan Bentang Merah Putih Yohana Elizabeth menambahkan, organisasi masyarakat (ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan komunitas memiliki peran penting dalam membantu kinerja Pemerintah.

Hal ini juga untuk terciptanya pemimpin yang nasionalis, berwawasan kebangsaan dan berintegrasi di tengah bonus demografi yang dialami Indonesia.

Baca juga : Rumah Pengasingan Bung Karno, Awal Lahirnya Pancasila

Dalam menginternalisasi nilai Pancasila, komunitas masyarakat berperan untuk memperkuat sistem pendidikan, peningkatan jati diri dan karakter bangsa, peningkatan komitmen pemimpin nasional, serta peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.