Dewan Pers

Dark/Light Mode

KBRI Jepang Gelar Resepsi Untuk JK & Yusron Penerima Bintang Jasa

Kamis, 12 Mei 2022 10:55 WIB
Mantan Wapres, Jusuf Kalla menghadiri resepsi penghormatan penerima bintang jasa dari Kaisar Jepang di Wisma Duta Tokyo, Rabu (11/5)
Mantan Wapres, Jusuf Kalla menghadiri resepsi penghormatan penerima bintang jasa dari Kaisar Jepang di Wisma Duta Tokyo, Rabu (11/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi menggelar Resepsi Penghormatan untuk Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla dan Mantan Dubes RI untuk Jepang,Yusron Ihza Mahendra di Wisma Duta Tokyo, Rabu (11/5).

Dalam sambutannya, Dubes Heri menyampaikan secara resmi apresiasi kepada Pemerintah Jepang atas penghargaan bintang jasa yang diterima Jusuf Kalla dan Yusron Ihza Mahendra. 

“Penghargaan yang diberikan dari Kaisar Jepang bukan hanya untuk Pak Jusuf Kalla dan Mantan Dubes RI Jepang Yusron, tapi untuk seluruh rakyat Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut,” ujar Dubes Heri dalam keterangannya, Kamis (12/5). 

Berita Terkait : Dubes Jepang Teken Nota Pinjaman Yen Untuk Pelabuhan Patimban

Jusuf Kalla menegaskan, penghargaan bintang jasa yang diterima dari Pemerintah Jepang menandai eratnya persahabatan antara Indonesia dengan Jepang. 

“Ini merupakan suatu bentuk persahabatan antara Indonesia Jepang. Saya memiliki hubungan baik dengan Jepang baik di bidang bisnis, sosial, politik, dan pemerintahan selama hampir 40 tahun. Hal ini merupakan salah satu upaya bersama memajukan kedua negara. Saya selalu menganggap kerja sama dengan Jepang selalu memberikan manfaat bersama kedua negara,” ujar JK . 

Sementara itu, Yusron Ihza Mahendra menyampaikan bahwa bintang jasa yang diterima merupakan bentuk kepercayaan dan penghargaan kedua negara. 

Berita Terkait : BP Jamsostek Gercep Santuni Korban Ambruknya Alfamart Di Banjar

“Makna bintang jasa ini adalah kepercayaan dan penghargaan. Tentu bukan hanya untuk kami tapi adalah untuk kedua negara,” kata Yusron.  

Dirjen urusan Asia Tenggara dan Asia Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang, Kano Takehiro memastikan Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang sangat strategis. 

“Kami sangat menyadari betapa strategisnya hubungan Indonesia – Jepang. Ke depannya kami yakin hubungan bilateral kedua negara semakin meningkat. Hal ini mengingat di tahun ini kami menjadi Ketua G7 dan di tahun 2023 nanti Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Tahun 2023 juga Indonesia dan Jepang akan memperingati 65 tahun hubungan kerja sama kedua negara,” terang Takehiro. 

Berita Terkait : Kino Indonesia Sumbangkan Generator Oksigen Untuk RS Polri Kramat Jati

Dalam kesempatan sama Dubes Jepang untuk Indonesia periode 2017 – 2020, Ishii Masafumi memastikan selama bertugas di Indonesia selaku Duta Besar dirinya selalu banyak dibantu oleh Jusuf Kalla dan Yusron Ihza Mahendra. [MFA]