Dark/Light Mode

Jenguk Pekerja Yang Tangannya Tergilas Mesin

Dirut BP Jamsostek Saksikan Pemasangan Filly Hand Buatan Anak Bangsa

Rabu, 15 Juni 2022 10:03 WIB
Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Anggoro Eko Cahyo menemui Eko Suryanto, pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Semarang, Jawa Tengah. (Foto: BP Jamsostek)
Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Anggoro Eko Cahyo menemui Eko Suryanto, pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Semarang, Jawa Tengah. (Foto: BP Jamsostek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Anggoro Eko Cahyo menemui Eko Suryanto, pekerja yang mengalami kecelakaan kerja.

Tangan Operator maintenance PT Sinar Agung Selalu Sukses itu tergilas roda conveyor saat sedang bekerja. Akibat kejadian itu tangan Eko Suryanto harus diamputasi.

Anggoro menemui Eko di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Semarang, Jawa Tengah. Anggoro mengatakan, kehadirannya di Semarang tersebut untuk menyaksikan langsung bagaimana proses pemasangan hingga penggunaan filly hand yang merupakan hasil inovasi dan karya terbaik anak-anak bangsa.

Baca juga : Beringin Lancarkan Serangan Darat Dan Udara Di Jawa Barat

Bersyukur, Eko terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek sehingga mendapatkan perawatan kecelakaan kerja sampai dirinya sembuh, sekaligus mendapat bantuan protese tangan robotik atau bisa disebut filly hand tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Semua ditanggung oleh BP Jamsostek.

"Kita perlu mengapresiasi RSND, yang telah banyak membuat protese untuk membantu masyarakat yang membutuhkan alat-alat bantu. Ini akan menambah semangat dan motivasi pasien kecelakaan kerja dalam menjalani kehidupannya ke depan," kata Anggoro dalam keterangan resminya, Rabu (15/6).

Anggoro menuturkan, filly hand adalah inovasi yang dikembangan para ahli di Universitas Diponegoro. Tangan palsu jenis ini memiliki sejumlah keunggulan.

Baca juga : Peringati May Day, BP Jamsostek Cilandak Bagikan Paket Sembako

Yakni, mudah dioperasikan, harganya jauh lebih murah dan 90 persen suku cadangnya tersedia di dalam negeri. RSND sendiri merupakan salah satu rumah sakit kerja sama BP Jamsostek yang menangani kecelakaan kerja atau biasa dikenal Pusat Pelayanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

"Ini merupakan salah satu fokus kami untuk memberikan fasilitas-fasilitas terbaik bagi peserta, sehingga jika risiko terjadi, pekerja akan langsung tertangani dengan optimal,' ungkapnya.

Eko Suryanto yang terlihat sangat antusias saat mendapatkan filly hand mengaku bersyukur, karena masih selamat dalam kecelakaan tersebut.

Baca juga : Peringati May Day, BP Jamsostek Bagikan Paket Sembako

"Saya sangat berterima kasih kepada BP Jamsostek yang sejak awal sangat membantu. Saya berterima kasih dan bersyukur banget walaupun kehilangan tangan satu tapi masih diberi kesempatan untuk hidup," tuturnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Yasin mengingatkan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi setiap profesi pekerjaan. Dirinya siap bersinergi untuk mensosialisasikan manfaat dari semua program BP Jamsostek.

"Kami berharap masyarakat juga aware terhadap ini, masih banyak loh, seperti nelayan, petani, memiliki risiko yang sampai saat ini masih minim bila mengalami kecelakaan kerja," ungkap Gus Yasin. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.