Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tjahjo Dirawat Intensif, Mahfud Jadi MenPAN RB Ad Interim

Jumat, 24 Juni 2022 19:31 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mahfud MD. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mahfud MD membenarkan saat ini dirinya bertugas juga menjadi menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Ad Interim.

"Betul. Saya sebagai Menko Polhukam ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi Menteri PANRB ad. Interim," kata Mahfud MD dalam keterangannya kepada RM.id, Jumat (24/6).

Alasan dirinya ditunjukan menjadi pengganti sementara MenPANRB karena saat ini Tjahjo Kumolo sedang menjalani perawatan medis. "Pak Tjahjo sakit dan sedang dalam perawatan intensif," tutur Mahfud.

Baca juga : Dijauhi Banteng, Ganjar Makin Mentereng

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut, kondisi kesehatan Tjahjo sudah mulai membaik. Namun kader PDI Perjuangan ini masih perlu melakukan proses pemulihan hingga nanti benar-benar bisa kembali bertugas.

"Sudah mulai membaik, tapi masih tetap harus dirawat untuk recovery," tambahnya.

Tugasnya sebagai Menteri PANRB ia lakukan sejak hari ini, Jumat (24/6). Salah satunya, Mahfud telah memberikan pengarahan kepada para pegawai non ASN, tenaga honorer maupun outsourcing.

Baca juga : Harlah Pancasila Di Ende Jadi Semangat Baru Untuk Negeri

Semua tugas bisa di-handle dengan baik. Karena Tjahjo sudah lama menata instrumen hukum dan kelembagaannya dengan baik. Pejabat-pejabat Eselon I di KemenPAN RB juga menguasai tupoksi masing-masing.

Mahfud memohon doa semua pihak agar Tjahjo Kumolo bisa segera pulih dan kembali menjalankan tugas negara sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju. "Doakan agar Pak Tjahjo terus semakin membaik," doanya.

Sebelumnya, Tjahjo dikabarkan tengah sakit. Saat ini Tjahjo tengah menjalani perawatan intensif. "Betul Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit," ujar Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini kepada wartawan, Jumat (24/6).

Baca juga : Erick Thohir: Indonesia Harus Jadi Industri Halal Nomor Satu Dunia

Rini tak menyebut rinci penyakit yang diderita Tjahjo. Tjahjo, kata dia, hanya memerlukan perawatan intensif hingga kondisinya stabil.

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik. Kami mohon doa dari Bapak dan Ibu sekalian, teman-teman media dan seluruh masyarakat Indonesia. Semoga beliau segera membaik. Berikut yang dapat kami sampaikan hingga saat ini," imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.