Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Blusukan Ke Donggala, Sulteng

Mendag Pastikan Fokusnya Bukan Cuma Di Pulau Jawa

Rabu, 29 Juni 2022 18:39 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat kunjungan ke Pasar Toaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (29/6). (Foto: Istimewa)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat kunjungan ke Pasar Toaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (29/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan, upaya menurunkan harga minyak goreng (migor) dan menstabilkan harga kebutuhan pokok tidak hanya di Pulau Jawa. Buktinya, Zulhas bertolak ke Pasar Toaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Tujuan Zulhas terbang ke Pasar Toaya untuk memastikan harga migor curah sudah sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 14 ribu per liter. Selain itu, ia juga meresmikan tiga pasar rakyat secara terpusat di Pasar Toaya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Mendag Zulhas meresmikan tiga pasar rakyat yang berada di Kabupaten Donggala. Ketiga pasar tersebut adalah Pasar Labean, Pasar Ogoamas, dan Pasar Sioyong.

Baca juga : Kemendagri Pastikan RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Peresmian pasar dilaksanakan secara terpusat di Pasar Toaya, tempat Mendag Zulhas meninjau distribusi minyak goreng curah serta harga dan pasokan bapok.

"Saya berangkat dari Jakarta pukul 02.00 dini hari. Sampai Donggala pagi-pagi sekali untuk memastikan apakah harga minyak goreng curah di Donggala sudah sesuai HET pemerintah atau masih tinggi," cetusnya, Rabu (29/6).

Setelah meninjau langsung Pasar Toaya serta bertanya langsung kepada pedagang dan pembeli, Zulhas mendapati harga migot curah stabil di harga Rp 14 ribu per liter.

Baca juga : Emak-Emak Kalteng Nyatakan Dukung Ganjar Di Pilpres 2024

Diakuinya, harga migor kemasan masih mengikuti nilai keekonomiannya. Namun, ia memastikan Pemerintah terus berupaya menjaga ketersediannya.

Di Pasar Toaya, Mendag menemukan kreativitas pedagang yang mengemas migor curah dalam botol-botol plastik. Migor itu dijual bersama botol plastik tersebut dengan harga Rp 14.500 per liter. Selisih Rp 500 dari HET menjadi biaya pengepakan botol plastik.

"Rp 500 adalah harga botolnya, sedangkan harga minyaknya tetap Rp 14 ribu per liter. Nah, agar nanti tidak ada lagi beban pedagang harus menyiapkan kemasan sendiri. Pemerintah akan menyiapkan minyak goreng kemasan sederhana yang dikemas dengan baik dan terstandar. Harga jualnya akan tetap Rp 14 ribu per liter, mereknya Minyakita," terang Mendag.

Baca juga : Genjot Digitalisasi, Pertamina Pastikan Distribusi BBM Dan LPG Tepat Sasaran

Sekadar informasi. Pasar Labean merupakan pasar rakyat yang dibangun menggunakan dana tugas pembantuan (TP) Kementerian. Perdagangan tahun 2021 sebesar Rp 6 miliar. Pasar Labean menempati lahan seluas 900 meter persegi dengan luas bangunannya mencapai 500 meter persegi. Pasar Labean memiliki 40 kios dan tujuh los yang menampung 128 pedagang. Komoditas yang dijual antara lain barang pokok dan penting, serta kain.

Pasar Ogoamas dibangun menggunakan dana TP Kemendag tahun 2017 sebesar Rp 6 miliar. Berdiri di atas lahan seluas 850 meter persegi dengan bangunan seluas 500 meter persegi. Pasar ini menampung 117 pedagang serta memiliki 32 kios dan tujuh los. Komoditas yang dijual adalah barang pokok dan kain.

Sementara itu, Pasar Sioyong dibangun menggunakan dana TP Kemendag tahun 2019 sebesar Rp 6 miliar. Dibangun di atas lahan seluas 1.500 meter persegi dengan luas bangunan 500 meter persegi. Saat ini menampung 128 pedagang dan memiliki 40 kios serta delapan los. Komoditas yang dijual adalah bapok dan kain. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.