Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Surabaya, Menteri ATR Cek Layanan Tanah Cuma Tujuh Menit

Sabtu, 2 Juli 2022 00:15 WIB
Pegawai PUPR mengecek persiapan progran perumahan
Pegawai PUPR mengecek persiapan progran perumahan

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meninjau inovasi layanan pertanahan, Loket Lantum (Layanan Tujuh Menit) di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, pada Jumat (1/7). 

Dalam sambutannya, eks Panglima TNI  dari Angkatan Udara ini mengapresiasi layanan tersebut lantaran proses pelayanan yang cepat serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Berita Terkait : Menteri ATR Percepat Digitalisasi Layanan Pertanahan & PTSL

Menteri ATR juga melakukan dialog langsung dengan masyarakat yang datang ke Kantah Kota Surabaya II. Secara langsung, Ia imbau kepada masyarakat untuk bisa mengurus sendiri permohonannya tanpa harus menggunakan jasa calo atau perantara.

Jenderal kumis tebal ini menegaskan, sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Berita Terkait : Dukung PSR, Kementerian ATR/BPN Targetkan 2024 Semua Kebun Bersertifikat

Dengan demikian diharapkan masyarakat yang memiliki kebutuhan dalam mengurus berkas pertanahan dan terkendala oleh pekerjaan, bisa mengurus sendiri permohonannya pada akhir pekan.

Menteri ATR juga menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal ini terus, ia tekankan, mengingat PTSL menjadi Program Prioritas Nasional (PSN) yang dapat mewujudkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dan terpetakan.■