Dark/Light Mode

Di Surabaya, Menteri ATR Cek Layanan Tanah Cuma Tujuh Menit

Sabtu, 2 Juli 2022 00:15 WIB
Pegawai PUPR mengecek persiapan progran perumahan
Pegawai PUPR mengecek persiapan progran perumahan

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meninjau inovasi layanan pertanahan, Loket Lantum (Layanan Tujuh Menit) di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, pada Jumat (1/7). 

Dalam sambutannya, eks Panglima TNI  dari Angkatan Udara ini mengapresiasi layanan tersebut lantaran proses pelayanan yang cepat serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Baca juga : Sukidi: Kebinekaan adalah Rahmat Tuhan

Menteri ATR juga melakukan dialog langsung dengan masyarakat yang datang ke Kantah Kota Surabaya II. Secara langsung, Ia imbau kepada masyarakat untuk bisa mengurus sendiri permohonannya tanpa harus menggunakan jasa calo atau perantara.

Jenderal kumis tebal ini menegaskan, sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Baca juga : Menteri ATR Percepat Digitalisasi Layanan Pertanahan & PTSL

Dengan demikian diharapkan masyarakat yang memiliki kebutuhan dalam mengurus berkas pertanahan dan terkendala oleh pekerjaan, bisa mengurus sendiri permohonannya pada akhir pekan.

Menteri ATR juga menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal ini terus, ia tekankan, mengingat PTSL menjadi Program Prioritas Nasional (PSN) yang dapat mewujudkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dan terpetakan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.