Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

3 Perusahaan Pelat Merah Kolaborasi Genjot Layanan Penyeberangan Makin Prima

Jumat, 8 Juli 2022 19:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (batik cokelat) usai menyaksikan penandatanganan MoU tentang peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan dan pemanfaatan aset antara PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Jumat (8/7). (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi (batik cokelat) usai menyaksikan penandatanganan MoU tentang peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan dan pemanfaatan aset antara PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Jumat (8/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga perusahaan pelat merah, yaitu PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) berkolaborasi dalam peningkatan pelayanan jasa kepelabuhanan dan pemanfaatan aset.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) oleh masing-masing direktur utama, disaksikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Jumat (8/7).

Menhub mengatakan, kerja sama ini merupakan sinergi yang baik dari tiga BUMN.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perusahaan Pers Suarakan Narasi Kebangsaan

"Di mana ketiganya memiliki mandat yang tidak ringan, untuk melayani baik penumpang maupun barang ke pulau-pulau sampai ke pelosok wilayah Indonesia," ujarnya.

BKS, sapaan akrab Budi Karya berharap, melalui kolaborasi ini, pergerakan penumpang maupun barang dapat semakin efisien dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

"Kita ingin ada kegiatan end to end yang baik. Pelni memiliki rute kapal sampai ke Papua, nanti ASDP yang meneruskannya sampai ke titik akhir. Kemudian, Pelindo memiliki pelabuhan yang memberikan dukungan kepada Pelni dan ASDP. Kita ingin semua kegiatan supply chain ini berjalan dengan baik," tuturnya.

Baca juga : Dasco Desak Polri Usut Tuntas Dugaan Penyelewengan Dana Umat

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengapresiasi kerja sama dan sinergi BUMN yang didukung penuh Kemenhub. Khususnya, dalam mewujudkan percepatan konektivitas transportasi di Indonesia yang lancar, andal, aman dan selamat.

"Kerja sama ini terwujud berkat dukungan regulator Kementerian BUMN dan juga Kemenhub, tentunya dengan semangat untuk terus menjaga keterhubungan seluruh wilayah Indonesia melalui layanan transportasi yang bermutu prima," tuturnya.

Ira menuturkan, ASDP sepakat menjalin kerja sama strategis dengan Pelindo terkait pengoperasian dermaga Pelabuhan Ciwandan dan Panjang milik PT Pelindo.

Baca juga : Tinjau Arafah, Menag Pastikan Layanan Jamaah Haji Optimal

Kedua pelabuhan digunakan sebagai alternatif untuk mengantisipasi layanan angkutan Lebaran, Natal dan Tahun Baru serta kegiatan nasional lainnya sesuai dengan kebijakan yang akan diambil oleh Pemerintah.

Kerja sama ini, kata Ira, berangkat dari suksesnya inisiasi Kemenhub dalam pengoperasian Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif yang membantu mengurai kepadatan saat Angkutan Lebaran 2022.

"Kami berharap rencana kerja sama ini dapat segera berlanjut ke tahap perjanjian kerja sama (PKS). Sehingga dapat mendukung kelancaran layanan penyeberangan dan pelabuhan bagi masyarakat, tapi juga meningkatkan keunggulan layanan baik dari ASDP dan Pelindo," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.