Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sidak Stok Dan Harga Pangan Di Pasar Kota Makassar, Mentan: Kondisinya Aman

Rabu, 13 Juli 2022 07:35 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo sidak ke pasar di Makassar/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo sidak ke pasar di Makassar/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengetahui langsung dinamika stok dan harga pangan pasca Idul Adha. Alhasil, ketersediaan dan harga pangan masih aman.

"Saya di sini mengecek dinamika produksi dan harga pangan yang berkaitan dengan inflasi. Khususnya, komoditas cabe dan bawang yang alami dinamika relatif serius saat jelang Idul Adha. Tapi kondisinya aman. Karena itu, perlu kita pantau terus kestabilannya hingga pasca Idul Adha, dengan memperbaiki sistem logistik," ujar SYL pada sidak pasar tersebut, Senin (11/7).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini menegaskan, pemerintah telah melakukan intervensi optimal untuk stabilitas harga khususnya cabe dan bawang. 

Baca juga : Survei IPI: Masyarakat Kita Suka Yang Tengah-tengah Saja

Namun demikian, pada hari pertama pasca Lebaran ini harga cabe dan bawang mengalami sedikit kenaikan yang fluktuatif, karena suplai dari daerah produksi berkurang.

"Karena itu, logistik serta sistem supply dan demand harus dikendalikan. Kami akan intervensi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Yang terpenting, Kementerian Perdagangan betul-betul mengatur sistem logistiknya," tegasnya.

SYL mengatakan, pengaturan sistem logistik pangan ini sangat penting. Walaupun kondisi produksi melimpah, tapi karena logistiknya tidak lancar, dapat menyebabkan harga naik.

Baca juga : Pasca Idul Adha, Mentan Sidak Stok Dan Harga Pangan Di Pasar Kota Makassar

Kementerian Pertanian berkomitmen menjamin produksi atau ketersediaan pangan dalam momentum apapun selalu siap stoknya.

Karena itu, ketersediaan stok pangan di pasar dan kelancaran distribusinya ini domainnya pemerintah daerah. 

“Tapi saya bantu intervensi untuk mengaturnya bersama Kementerian Perdagangan, agar distribusi dari daerah produksi ke daerah suplai benar-benar terintervensi," tuturnya.

Baca juga : Kemenag Batalkan Pencabutan Izin Operasional Ponpes Shiddiqiyyah Jombang

Menurutnya, Intervensi ini untuk benar-benar menjamin neraca suatu komoditas pangan aman. Misalnya, neraca cabe di beberapa itu aman, dan ada keterlambatan produksi karena musim dan cuaca, tapi inilah dinamika di sektor pertanian.

Berdasarkan data Pengelola Pasar Pabaeng-baeng Kota Makassar, harga komoditas pangan saat ini, yakni beras premium Rp 11 ribu, beras medium Rp 10 ribu, gula pasir lokal Rp 15 ribu, daging ayam Rp 45 ribu dan telur ayam Rp 27 ribu. 

Selanjutnya, harga cabe merah kriting dan besar Rp 60 ribu, cabe rawit merah Rp 100 ribu, bawang merah Rp 65 ribu dan bawang putih Rp 25 ribu.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.