Dark/Light Mode

Berdampak Besar Bagi Mitra Deradikalisasi

Kepala BNPT Ingatkan Pentingnya Inovasi Dalam Program KTN

Rabu, 13 Juli 2022 21:46 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengingatkan kepada jajaran pimpinan BNPT untuk mengembangkan dan terus berinovasi terhadap Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) agar memiliki manfaat dan dampak yang besar bagi kesejahteraan para eks narapidana terorisme (mitra deradikalisasi).

BNPT perlu menggandeng banyak pihak dalam mencegah mereka agar tidak Kembali terpapar paham radikalisme terorisme.

"Jangan ragu untuk berinovasi dan bekerjasama dengan semua pihak agar KTN memberikan dampak yang luar biasa kepada mitra derad, penyintas dan warga sekitar," kata Boy, saat Rapat Pimpinan (Rapim) BNPT Bulan Juli 2022 di Aula Indonesia Harmoni, Kantor BNPT, Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, seperti keterangan yang diterima RM.iid Rabu (13/7).

Baca juga : Di AS, Yasonna Sampaikan Pentingnya Pancasila Dalam Jaga Kerukunan

Menurutnya, inovasi sangat penting dalam mensukseskan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan. Salah satu terobosan yang saat ini sedang dijalankan adalah Kawasan Terpadu Nusantara (KTN).

Namun program tersebut harus terus dikembangkan sehingga dapat memberikan harapan kepada mitra derad bahwa negara hadir dan peduli terhadap mereka. Sehingga, niatan untuk selalu mencintai NKRI dan menjauhi radikalisme serta terorisme tidak mudah memudar.

"Kita harus mempunyai rencana-rencana ke depan terhadap KTN dengan tujuan kesejahteraan kepada penyintas dan mitra-mitra derad," jelasnya.

Baca juga : Cegah Resistensi Antimikroba, Prof. Tjandra Ingatkan Pentingnya Surveilans

Bahkan bukan hanya mitra derad yang dapat menerima manfaat dari KTN, para penyintas (korban terorisme) dan warga sekitar juga dapat menerima manfaat yang luar biasa dalam pemanfaataan lahan KTN untuk kesejahteraan.

Sejauh ini BNPT bekerjasama dengan multipihak telah membangun KTN di Turen Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Sumbawa Provinsi NTB dan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Dalam waktu dekat hasil KTN dapat dirasakan berupa Panen Raya Jagung di Turen, Jawa Timur yang hasilnya akan diolah dan dijual melalui Koperasi Artha Harmoni Bangsa yang mana mitra derad menjadi anggota dari koperasi tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.