Dark/Light Mode

Hari Jadi ESQ Ke-22

Sandiaga Ingatkan Pentingnya Kolaborasi & Pembangunan SDM

Selasa, 17 Mei 2022 13:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri Dirgahayu ESQ Ke-22, Selasa (17/5). (Foto: Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri Dirgahayu ESQ Ke-22, Selasa (17/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri Dirgahayu ESQ Ke-22, Selasa (17/5). Meskipun sambutan melalui online, Sandiaga bersemangat memompa para pendukung, alumni, dan juga keluarga besar ESQ.

"Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita menjadi insan insan yang bertakwa. Momentum Lebaran ini untuk kami adalah momentum untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam membangun Sumber Daya Manusia," kata Sandiaga mengawali sambutannya.

"Beruntung Pak Ary Ginanjar dan ESQ, sudah mengajarkan kami 7 Budi Utama yaitu jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli. Kita menuju Indonesia emas tahun 2045. Siap?" tanya Sandiaga yang sedang di dalam mobil, yang nampaknya tengah dalam perjalanan.

Sandiaga melanjutkan paparannya terkait momentum untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam membangun SDM. Menurutnya, dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi semangat kita adalah 3 G.

Baca juga : Hadiri Paskah, Gus Jazil Tekankan Pentingnya Hormati Keberagaman

Yakni pertama, Gercep atau erak cepat sesuai dengan semangat untuk kembali bangkit di tengah tengah pandemi. Kedua, Geber atau bergerak bersama dengan silaturahim kita bisa memastikan membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Dan ketiga, Gaspol atau garap semua potensi online untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Sandi menutup sesinya dengan sebuah pantun.

"Bulu elang terbang ke awan, hinggap sebentar di pohon yang tinggi. Hadir di acara halal bi halal ESQ yang menawan, untuk saling bersilaturahim juga bersinergi. Maju terus kang Ary, ESQ, dan ESQ Business School," ucap Sandiaga dalam acara yang mengusung tema Bersatu Mewujudkan Indonesia ini.

Sama halnya dengan Sandiaga yang menggembargemborkan tentang 7 Budi Utama, Komjen Pol. Purn Nanan Soekarna mengajak ratusan orang yang hadir di Ruang Granada Menara 165 untuk memaparkan 7 Budi Utama serta gerakannya.

Baca juga : Syarief Hasan Ingatkan Pentingnya Politik Santun

"Karakter 7 budi utama tersebut merupakan tanggung jawab para ketua korwil Forum Komunikasi Alumni ESQ untuk senantiasa meneruskan kepada istri, suami, anak anaknya. Dan untuk menyampaikan BERAKHLAK 7 budi utama harus dengan rumus GKF atau Gerak Kata Fokus yang positif," jelas pria yang mengenakan baju batik itu.

Ia juga berharap para Koordinator Wilayah untuk menghafalkan serta meneruskan 7 budi utama ini diberbagai wilayahnya masing-masing. Hal ini sebagai salah satu saja bentuk ungkapan kita kepada semua alumni. "Yang artis teruskan di artis juga ya," harapnya.

Ary Ginanjar Agustian  Founder ESQ Group menyampaikan bahwa tonggak pertama Indonesia Emas Berkarakter saat nilai-nilai Ber-AKHLAK dijadikan Core Values atau Panduan Moral bagi ASN serta seluruh BUMN. ESQ mendukung hal tersebut di atas dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama.

Menurut Ary, saat ini bukan kebetulan Ber-AKHLAK sudah menjadi core values atau panduan moral di seluruh BUMN, ASN, juga Bapenas. Nilai-nilai Ber-AKHLAK sangat sejalan visi 2020 Indonesia Emas Berkarakter.

Baca juga : Silahturahmi Keberagaman Untuk Toleransi Dan Kerukunan

"ESQ mendukung core values Ber-AKHLAK dengan mencanangkan Alumni ESQ BERAKHLAK 7 Budi Utama. Menara 165 adalah simbol kebangkitan Indonesia Emas, yang akan menjadi monumen bagi kemajuan Indonesia," lanjutnya.

Acara yang disponsori oleh PARAGONCORP dan Bank Syariah Indonesia ini dihadiri oleh Bambang Soesatyo (Ketua MPR), Erick Thohir (Menteri BUMN), Suhadjar Diantoro (Sekjen Kemendagri RI), Nurul Gufron (Wakil Ketua KPK), Arief Sulistyanto (Kabarhakam Polri), Boy Rafli Amar (Kepala BNPT), Mulyo Aji (Sekjen Kemenkopolhukam), Ade Supandi (KSAL tahun 2014-2018), K.H. Muhammad Cholil Nafis (Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI), Prof. Unifah (Ketua PGRI). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.