Dark/Light Mode

Gandeng Kimia Farma Dan Dompet Dhuafa, BKKBN Cegah Stunting Lewat Pendampingan Keluarga

Sabtu, 23 Juli 2022 20:39 WIB
Foto: Dok.BKKBN
Foto: Dok.BKKBN

 Sebelumnya 
"Dimulai dengan memastikan setiap calon pengantin atau pasangan usia subur dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil, memeriksa kesehatan sebelum menikah yang datanya akan dimasukkan ke aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil atau Elsimil," ujarnya.

Tahun ini, program akan diselenggarakan di empat provinsi lain dari target 12 Provinsi Sasaran Program Penurunan Stunting. Program ini diharapkan bisa menyentuh masyarakat secara langsung terutama di wilayah terpencil dengan permasalahan kesehatan ibu dan anak yang cukup tinggi. 

Baca juga : Gandeng Kemenkominfo, BNI Aktif Tangkal Penyebaran Berita Hoaks

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Kimia Farma TBK, Dharma Syahputra mengatakan program ini menonjolkan tugas dari Bidan yang berdampak langsung terhadap pelayanan kesehatan masyarakat.

"Bila Bidan dibantu diberikan tempat dan ruang, lalu diapresiasi untuk melakukan inovasi pelayanan dan promosi kesehatan bisa dilakukan lebih baik, harapannya ini bisa membantu masyarakat," ujar Dharma.

Baca juga : Mendes: Dana Desa Boleh Digunakan Buat Tangani PMK

Ketua Dewan Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Rahmad Riyadi mengatakan langkah kecil ini selama diniatkan dengan baik, akan membuahkan hasil baik, begitupun sebaliknya.

"Kita berharap menghadapi generasi emas 2045, kita akan mendapat bonus demografi. Tapi, kalau tidak disertai dengan kesiapan baik, bonus demografi nantinya akan jadi sebaliknya," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.