Dark/Light Mode

Dorong Kualitas Pelayanan Dan Responsif Terhadap Kritik Masyarakat

Menteri Hadi Tjahjanto Luncurkan Hotline Pangaduan Masyarakat

Rabu, 27 Juli 2022 14:32 WIB
Poster Hotline pelayanan pengaduan Kementerian ATR/BPN. (Foto: Istimewa)
Poster Hotline pelayanan pengaduan Kementerian ATR/BPN. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian ATR/BPN menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Pada acara tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto, menyatakan ingin ATR/BPN dekat di hati masyarakat Indonesia dengan meningkatkan pelayanan serta responsif terhadap kritik dan saran masyarakat

“Semenjak dilantik saya terus fokus pada pertanyaan, bagaimana rakyat bisa percaya dan menjadi dekat dengan ATR/BPN. Jawabannya BPN harus terus meningkatkan inovasi pelayanan dan responsif terhadap kritik, keluhan dan saran masyarakat,” kata Hadi Tjahjanto di tengah acara Rakernas ATR/BPN, Rabu (27/7).

Untuk meningkatkan pelayanan hari ini Menteri ATR/BPN meluncurkan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) dan Pembukaan Loket Prioritas yang dikhususkan bagi pengurus tanah secara langsung, tidak diwakili pihak ketiga.

Baca juga : PT MSK Harap Dalang Sebenarnya Terungkap

 "Kami berikan karpet merah untuk warga yang mengurus sendiri administrasi tanahnya,” tutur Menteri Hadi.

Selain itu, Hadi juga menggandeng Kementerian PAN-RB dan Telkom untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat, agar ATR/BPN menjadi Kementerian yang lebih terbuka dan responsif terhadap keluhan dan kritikan. 

"Dalam rangka mengubah wajah ATR/BPN menjadi Kementerian yang lebih terbuka, responsif, melayani dan menerima kritikan, selain memiliki aplikasi  LAPOR bekerja sama dengan MenPAN-RB, pada kesempatan ini saya juga meluncurkan hotline kontak pengaduan masyarakat melalui WhatsApp di 081110680000,” ungkap Hadi.

Baca juga : Tancap Gas Di Hari Pertama Kerja, Zulhas Sidak Ke Pasar Cibubur

Menteri Hadi mengucapkan terima kasih kepada PT Telkom Indonesia atas dukungan dan support untuk mendorong digitalisasi layanan aduan publik ini. Hotline pengaduan ini akan dikaitkan langsung dengan evaluasi kinerja Kakanwil dan Kakantah beserta jajarannya.

“Respon dan kemampuan menyelesaikan keluhan masyarakat menjadi  menjadi KPI (Key Performace Indicators) dalam menentukan promosi, mutasi, rotasi atau bahkan demosi di tubuh ATR/BPN. Kita lahir melayani rakyat, maka kualitas pelayanan adalah indikator keberhasilan utama,” tutup Hadi.

Rakernas ini akan berlangsung sampai Kamis 28 Juli 2022 dan diikuti seluruh pejabat ATR/BPN dari seluruh Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.