Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dengerin Curhat Pedagang Dan Pembeli

Tancap Gas Di Hari Pertama Kerja, Zulhas Sidak Ke Pasar Cibubur

Kamis, 16 Juni 2022 13:06 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Foto: Instagram)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sehari setelah dilantik, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, langsung tancap gas menjalankan amanah Presiden Jokowi.

Dia turun langsung ke lapangan. Meninjau Pasar Cibubur di Jakarta Timur. Demi memastikan harga bahan pokok seperti minyak goreng, cabe, dan telur aman terkendali.

 

"Hari pertama bertugas sebagai Mendag, saya langsung sidak ke pasar. Mengecek harga-harga bahan pokok dan mendengarkan langsung keluh kesah para pedagang dan pembeli," kata Zulhas dalam caption di postingan Instagram terbarunya, Kamis (16/6).

Baca juga : Hari Pertama Kerja, Yasonna Cek Kesiapan Para Pegawainya

Bagi Zulhas, kunjungan langsung ke pasar tradisional adalah hal prioritas yang harus dilakoni. Ketimbang sibuk menggelar berbagai rapat. 

"Saya dengarkan langsung keluhan pedagang dan masyarakat pembeli. Soal harga bahan pokok yang harus segera kita kendalikan, dan cari solusinya. Kasihan rakyat," ungkap Zulhas, yang juga menjabat Ketua Umum PAN.

Dia bilang, Kementerian Perdagangan harus menjadi yang terdepan, dalam mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan. Regulasi harus diatur, supaya adil.

Baca juga : Cek Ketersediaan BBM Dan LPG, Direksi Pertamina Kunjungi SPBU Di Pekanbaru

Pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, saling memberikan maslahat satu sama lain.

"Pembelinya bahagia. Pedagang bahagia. Kita perlu mulai bicara prinsip keadilan perdagangan. Bukan sekadar berpikir ekonomi, untung-rugi, angka-angka," ujar Zulhas, yang pernah menjabat Menteri Kehutanan di masa Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Zulhas pun lantas menyoroti fenomena di negara maju, yang saat ini dihadapkan pada masalah ekonomi, termasuk inflasi yang tinggi. Padahal, mereka punya banyak ahli ekonomi.

Baca juga : Pengamat: Minim, Dampak Kenaikan Harga Pertamax Terhadap Inflasi

Menurutnya, hal itu terjadi karena melupakan prinsip keadilan.

"Makanya, Indonesia ini harus mengedepankan prinsip keadilan. Orientasinya untuk kesejahteraan rakyat, pemerataan. Kita mulai dari sini. Saya ingin pedagang bahagia. Pembeli bahagia. Adil. Saling memberikan kebaikan satu sama lain," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.