Dark/Light Mode

Revitalisasi Rampung

Wajah Baru Candi Borobudur Siap Dinikmati Wisatawan

Senin, 1 Agustus 2022 12:31 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Direktur TWC Borobudur Edy Setijono menilai, pengembangan kawasan Borobudur sebagai destinasi super prioritas menjadi generator penggerak untuk pengembangan wilayah Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang).

Tidak hanya kemanfaatan sosial dan lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat secara ekonomi.

Baca juga : Anggota BPN Dikriminalisasi, Hadi Tjahjanto Siap Pasang Badan

"Konsep sirkulasi pengunjung Candi Borobudur merupakan upaya agar peluang meningkatnya jumlah wisatawan dapat sejalan dengan quality tourism, yaitu wisatawan short learning (tidak membutuhkan pendalaman wawasan Borobudur), serta wisatawan depth learning (kelompok wisatawan yang berkepentingan tertentu sehingga mendapatkan akses naik ke bangunan candi secara terbatas)," jelasnya.

Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu Bendara berharap kolaborasi Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk bersama-sama menjaga pariwisata Candi Borobudur yang tidak hanya berkualitas tapi juga berkelanjutan.

Baca juga : Ketua IKA Trisakti Dukung Pengembangan Pendidikan Pariwisata

Sekjen Badan Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Ayu Cornelia mengatakan, BPPD turut membantu promosi dan koordinasi pengembangan pemasaran pariwisata sesuai kebijakan Pemda setempat, serta koordinasi pemasaran lintas sektor untuk satu visi, terutama Borobudur yang berada di kawasan Joglosemar.

"Untuk mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, perlu ada mapping USP (Unique Selling Point) setiap daerah, pemberdayaan dan penguatan masyarakat lokal, edukasi dan kenyamanan bagi wisatawan, serta mengaitkan pariwisata dengan keunikan budaya setempat," tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.