Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Revitalisasi Kota Tua Untuk Kurangi PKL Dan Parkir Liar

Selasa, 14 Juni 2022 21:44 WIB
Warga berwisata ke Kota Tua, Jakarta Barat. (Foto:Khairizal Anwar/RM)
Warga berwisata ke Kota Tua, Jakarta Barat. (Foto:Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyatakan proses revitalisasi kawasan wisata Kota Tua untuk mengurangi aktivitas Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar di lokasi tersebut.

"Ini adalah antisipasi upaya pemerintah daerah ya secara terpadu untuk terus mengantisipasi potensi terjadinya PKL maupun parkir liar," kata Sekretaris Kota Pemkot Jakarta Barat, Iin Mutaminah seperti dikutip Antara, Selasa (14/6).

Baca juga : Pemerintah Siapkan Rp 44,8 T Untuk Penurunan Stunting

Menurut Iin, selama ini banyak PKL liar yang berdagang di sepanjang trotoar Kota Tua sehingga menyebabkan tempat bagi para pejalan kaki semakin menyempit di kawasan objek wisata tersebut.

Selain itu, tidak jarang keberadaan PKL dan parkir liar justru menimbulkan kemacetan di kawasan tersebut. Maka dari itu, pihaknya kini tengah gencar merevitalisasi di beberapa sisi jalan Kota Tua.

Baca juga : PPP Terima Bantuan Keuangan Parpol 6 M Lebih

Nantinya, pihak Pemkot Jakarta Barat juga akan menyediakan lokasi resmi tempat berdagang makan dan lokasi parkir yang aman dan nyaman.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Barat merevitalisasi di beberapa ruas jalan kawasan Kota Tua Jakarta Barat.

Baca juga : DAMRI Mulai Beroperasi Di Kota Pontianak, Ini Jadwal Dan Tarifnya

Tercatat ada beberapa ruas jalan yang kini tengah direvitalisasi oleh Bina Marga diantaranya yakni Jalan Ketumbar, Jalan Kemukus, dan Jalan Lada Dalam.

Trotoar tersebut nantinya akan diperlebar menjadi tiga meter sehingga cukup luas untuk para pejalan kaki. Tidak hanya itu, trotoar juga akan dilengkapi dengan ubin pengarah (guiding block) serta jalur khusus sepeda. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.