Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Tumbuhnya Inovasi Siswa Bidang IPTEK, Kemendikbudristek Gelar OSN 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 18:58 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti. (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti. (Foto: Humas Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) terus melakukan transformasi guna mendorong peningkatan kualitas pembelajaran anak Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

Salah satunya, melalui perhelatan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tahun 2022 Tingkat Nasional jenjang pendidikan dasar yang digelar pada 1 hingga 7 Agustus 2022 secara hibrida.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti memastikan, berkomitmen untuk terus memfasilitasi generasi penerus bangsa dalam berinovasi di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Komitmen tersebut termasuk juga mendorong akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air.

Baca juga : Dukung Kompetensi Siswa SMK, Program Sharp Class Kembali Digelar

"OSN ini adalah suatu wadah untuk anak-anak Indonesia dapat saling mengenal dan belajar hal baru serta menunjukkan kemampuannya dan memanfaatkan ini sebagai sarana untuk menambah teman baru, membangun pertemanan, agar anak-anak juga dapat bersama-sama mempelajari sains,” kata Suharti, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (3/8).

Di hadapan 797 peserta yang siap mengikuti OSN 2022, Suharti menyampaikan hal yang dapat mendukung prestasi selain kecerdasan, diperlukan juga sikap nonakademik yang baik.

"Tidak hanya cerdas, tetapi juga gigih, kreatif, serta jujur dan sportif. Menang atau kalah adalah dalam kompetisi itu biasa," ingat Suharti.

Dia berharap, dari kompetisi OSN 2022 akan lahir peraih Nobel Bidang Sains di masa mendatang.

Baca juga : Dukung Literasi Digital Indonesia, IndiHome Gelar Blog Competition 2022

"Terlepas dari hasil OSN, kalian semua menurut saya adalah juara, dan insan harapan Indonesia," kata anak buah Mendikbudristek Nadiem Makarim ini.

Sebagai informasi, kompetisi ini menyasar peserta jenjang Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Adapun mata pelajaran yang dikompetisikan yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SD/MI serta tambahan IPS untuk SMP/MTs yang kesemuanya dilaksanakan secara tes teori dan observasi.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPTI Kemendikbudristek Asep Sukmayadi melaporkan bahwa mulai tahun 2022, pelaksanaan OSN akan difasilitasi oleh BPTI selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikburistek.

Baca juga : Kemendikbudristek Berikan Penghargaan Kepada PTN

"Meski di suasana pandemi, total peserta yang mengikuti jenjang SD sebanyak 272 siswa, di jenjang SMP sebanyak 525 siswa, bahkan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) juga turut serta dalam OSN 2022 yaitu Sekolah Indonesia Cairo," urai Asep.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.