Dark/Light Mode

Lewat Podcast Bikin Bangga Indonesia

Kemendagri Gaungkan Pentingnya Net Zero Emission

Kamis, 4 Agustus 2022 21:48 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri menggelar Podcast Bikin Bangga Indonesia pada Kamis (4/8). Temanya adalah instrumen Nilai Ekonomi Karbon Menuju Net Zero Emission.

Podcast yang disiarkan langsung melalui akun YouTube BPSDM TV tersebut, mengundang Peneliti Senior Badan Riset dan Inovatif Nasional (BRIN) Prof Djarot S Wisnubroto.

Baca juga : Kemendagri Ajak Pemda Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

Acara yang dipandu oleh Andromeda Mercury ini dimulai pukul 09.30 WIB. Dalam acara itu, Djarot menyampaikan, pemerintah memiliki target pada tahun 2060 sudah menggunakan energi bersih yang emisi karbonnya rendah.

Kata dia, masyarakat harus sadar soal ini. Karena itu harus melakukan suatu perubahan kebijakan penggunaan energi, dari energi fosil ke energi baru yang terbarukan.

Baca juga : Bamsoet Kembali Ingatkan Pentingnya PPHN

Kalau tidak, akan datang banyak masalah. Mulai dari global warming, semakin berkurangnya lahan pertanian, hingga kemungkinan hilangnya negara-negara kepulauan karena permukaan air laut yang terus naik.

Djarot lalu memaparkan sejumlah kebijakan untuk mendukung Net Zero Emission itu. Beberapa di antaranya adalah pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang ditargetkan pada Tahun 2045.

Baca juga : Garuda Indonesia Kembalikan 2 Pesawat Bombardier CRJ-1000

"Selain PLTN, pemerintah juga berusaha mengoptimalkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang kedepa akan menjadi energi yang terbarukan," kata Djarot.

Dia yakin pemerintah mampu menghadapi Net Zero Emission. Ia pun berpesan kepada para ASN, terutama ASN di Kemendagri agar dapat mengembangkan kompetensi dan diberi pengetahuan tentang Net Zero Emission. Sehingga, mereka mampu mengimplementasikannya dałam kehidupan sehari-hari.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.