Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

40 Napiter Ikrar Setia NKRI

Kepala BNPT: Jadi Hadiah Di Hari Kemerdekaan Indonesia

Senin, 15 Agustus 2022 19:17 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut HUT RI ke-77, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyelenggarakan Ikrar Setia NKRI terhadap 40 orang narapidana terorisme (napiter), di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Ikrar ini merupakan tekad dan pembuktian napiter untuk meninggalkan segala bentuk aktivitas terorisme. Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, mengatakan, ikrar setia 40 napiter ini menjadi hadiah bagi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

"Ini menjadi hadiah yang luar biasa untuk masyarakat, bangsa dan negara, jangan ragu-ragu menjalankan dan mengamalkan itu" ujar Boy Rafli, Senin (15/8).

Baca juga : Trimedya Panjaitan: Medan Jadi Tuan Rumah Munas Dan Kejurnas Indonesia 2022

Dalam momentum yang berkesan ini, Kepala BNPT mengajak napiter untuk mengamalkan ikrar yang sudah diucapkan dan nantinya menjadi mitra BNPT dalam mencerahkan keluarga dan kelompok mereka, serta menghambat proses penyebaran paham intoleransi, radikalisme dan terorisme.

"Kami mohon rekan-rekan menjadi mitra BNPT untuk melakukan kontra narasi dalam mengedukasi masyarakat luas," tutur jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini.

Sebanyak 40 orang napiter yang terafiliasi dengan jaringan JI dan JAD mengikrarkan janji setianya untuk berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, tulus dan setia kepada NKRI. Serta, meningkatkan kesadaran bela negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga : Terima Duit Miliaran Dari Sejumlah Kepala Daerah, Eks Pejabat Kemenkeu Ditersangkakan KPK

Sementara itu, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Kemenkumham, Thurman Saud Marojahan Hutapea berpesan kepada napiter yang telah berikrar, bahwa mereka memiliki hak dan kewajiban sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

"Ini menjadi awal warga binaan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki hak dan kewajiban, bersikap menjadi insan Tuhan yang menggunakan cita dan karsa secara tepat, patuh terhadap perundang-undangan dan menjadi warga negara yang membawa diri secara tepat kepada masyarakat," ujar Thurman Saud.

Berikut daftar 40 Napiter yang melakukan Ikrar Setia NKRI:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.