Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Peru Luis Tsuboyama Rayakan Hari Kemerdekaan Secara Virtual

Jumat, 29 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Luis Tsuboyama (kedua kiri) didampingi Dhea Fandari (kedua kanan), Rayen Raschool (kanan) serta Pacha Wilmer di perayaan Hari Kemerdekaan Peru, Kamis, 28 Juli 2022. (Foto Tangkapan Layar YouTube)
Dubes Luis Tsuboyama (kedua kiri) didampingi Dhea Fandari (kedua kanan), Rayen Raschool (kanan) serta Pacha Wilmer di perayaan Hari Kemerdekaan Peru, Kamis, 28 Juli 2022. (Foto Tangkapan Layar YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Peru di Jakarta baru saja merayakan Hari Kemerdekaan yang ke­-201, Kamis (28/7). Seperti tahun sebelum­nya, Kedubes Peru di indonesia tidak pernah absen merayakan hari spesial ini bersama teman dan rekannya.

Meski pandemi, Kedubes Peru tidak pernah meninggalkan tradisi merayakan Hari Kemerde­kaan. Pada momen ini, mereka menggelar pertunjukan budaya. Semua orang bisa menyaksi­kan perayaan Hari Kemerdekaan Peru ke­-201 lewat kanal You­Tube Kedubes Peru.

“Terima kasih kepada semua teman­-teman kami di indonesia. Kita kembali merayakan hari ke­merdekaan Peru dengan menun­jukkan semangat kebudayaan dan seni,” ujar Duta besar Peru untuk indonesia Luis Tsuboyama saat memberi sambutan.

Baca juga : Pemerintah Diminta Siapkan Strategi Pencegahan Cacar Monyet

Di perayaan kali ini, Kedubes Peru di Jakarta memamerkan kein­dahan dua tariannya, yaitu Vali­cha dan Marinera Nortena.

Tarian Valicha yang terkenal di daerah Cusco, tenggara Peru ini biasanya diiringi lagu Huayno. Tarian ini menceritakan ba­gaimana seorang perempuan ber­nama Valicha berusaha menarik perhatian pria dambaannya.Tarian Valicha ini dipersem­bahkan dua penari indonesia Dhea Fandari dan Rayen Ra­school.

Tarian ini diiringi alunan musik yang dimainkan pemusik dari Peru, Pacha Wilmer atau Pa­cha Chalwanka. Dia memainkan alat musik tradisional Peru, zamponas.

Baca juga : Pencegahan Radikalisme Pada Anak Harus Dilakukan Secara Sistematis

Tarian kedua adalah Mari­nera Nortena. Tarian ini juga ditampilkan Dhea dan Rayen. Tarian ini berasal dari wilayah pesisir Peru. Marinera Nortena merupa­kan campuran dari tarian con­tradanza Spanyol dan zama­cueca Andes. Tarian itu telah mendapat pengakuan di seluruh Amerika Selatan dan merupa­kan tarian tradisional Peru yang paling terkenal.

Selain tarian, perayaan kebu­dayaan Peru 2022 kali ini juga mempertunjukkan keunikan seni tenun Kene dan tembikar yang dipopulerkan etnis Siphi­bo Konibo.

“Semoga Anda menikmati pertunjukan kebudayaan Peru di per­ayaan Hari Kemerdekaan tahun ini,” kata Dubes Tsuboyama.

Baca juga : Dukcapil Terbitkan 16 Akta Kematian Jemaah Haji Secara Cepat dan Mudah

Dia berharap, perayaan tahun berikutnya, Kedutaan besar Peru di Jakarta bisa kembali mem­pertunjukkan keunikan budaya mereka secara langsung. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.