Dark/Light Mode

Buka Hapernas, Menteri Basuki Bicara Kemiskinan Ekstrem

Kamis, 18 Agustus 2022 16:29 WIB
Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono pembukaan rangkaian Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022, di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (18/8)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pembukaan rangkaian Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022, di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (18/8)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka acara Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022 di Gedung Auditorium PUPR, Kamis (18/8)

Peringati Hapernas dengan tema “Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak dan Terjangkau untuk Kita Semua” ini jatuh pada 25 Agustus setiap tahunnya.

Baca juga : Akademisi Dukung Menteri Erick Perkuat Peran Komisaris BUMN

Dalam sambutannya, Menteri Basuki mengatakan, bahwa penyediaan perumahan bagi masyarakat merupakan salah satu tanggung jawab negara. 

“Meskipun rumah merupakan sebuah private property, tapi menjadi tanggung jawab negara untuk menyediakan perumahan sebagai salah satu aspek hak asasi manusia.” ujar Basuki.

Baca juga : Majukan UMKM, Menteri Siti Resmikan Eco Bee Park Di Riau

Menteri PUPR juga menerangkan, bahwa rumah merupakan sebuah satu kesatuan dengan permukiman serta sektor lainnya, sehingga dibutuhkan sinergi dalam bentuk kolaborasi antara perumahan dan pengembangan kawasan permukimannya.
 
Hal ini dilakukan dengan harapan untuk mendorong serta meningkatkan komitmen bersama dalam menyelesaikan tantangan dan permasalahan di bidang perumahan.

“Rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal saja, tapi juga meningkatkan produktivitas dan jadi bagian dari komponen untuk menurunkan kemiskinan ekstrem di masyarakat," terangnya.

Baca juga : Surya Darmadi Menyerah Usai Disurati Kejagung

Selain bekerja sama dengan pengembang, perbankan dan sektor swasta, Kementerian PUPR juga berkoordinasi dengan Kementerian dan Lembaga lain, seperti Kementerian Sosial dan BKKBN dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem. Hal tersebut, bertujuan agar program perumahan dapat terintegrasi dengan program pemberdayaan masyarakat dari Kementerian dan lembaga lainnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.