Dark/Light Mode

Gus Halim Utamakan Penurunan Stunting

Prihatin, Anak Lebih Senang Mie Instan Ketimbang Ayam

Jumat, 19 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengakui, akses pangan yang bergizi di tingkat rumah tangga masih menjadi salah satu permasalahan utama tingginya prevalensi balita stunting di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Karena itu, selain peningkatan kesejahteraan dan akses pangan, diperlukan edukasi dan sosialisasi gizi anak kepada keluarga agar mencapai keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan.

Hal itu dikatakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam kunjungan kerjanya di Desa Tubu, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, kemarin.

Baca juga : Prabowo Minta Jajarannya Serius Kembangkan Alutsista

Halim menyatakan, Kemendes punya perhatian khusus terhadap penurunan stunting.

“Karena kami ingin warga NTT semakin hari makin cerdas, makin pintar, dan kami ingin lahir tokoh-tokoh nasional dari Nusa Tenggara Timur. Dan kuncinya cuma satu, yaitu makan makanan bergizi dan tekun belajar,” kata menteri yang biasa disapa Gus Halim ini.

Dia menceritakan, pada perjalanan menuju Desa Tubu, ada hal yang membuatnya prihatin dengan calon generasi di Desa tersebut.

Baca juga : Pakar IT Ingatkan Pengguna Digital Berhati hati Saat Main Internet

Dia menyaksikan, beberapa anak di bawah umur lebih senang makan mie instan daripada makan beras atau ayam. Sebab, menurutnya, itu kebiasaan yang buruk apalagi dilakukan di usia dini.

“Lalu saya tanya enak makan mie atau beras? ternyata banyak yang milih makan mie instan. Jangan-jangan lebih milih makan mie instan daripada ayam,” ujar Doktor Honoris Causa asal Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini.

Dengan fakta tersebut, Gus Halim mengajak seluruh elemen masyarakat desa mengubah pola makan mereka secara komprehensif. v Mulai dari beternak dan bertani yang dapat memberikan manfaat positif terhadap peningkatan gizi mereka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.