Dark/Light Mode

Jokowi Luncurkan Food Estate Berbasis Mangga Di Gresik

Senin, 22 Agustus 2022 15:18 WIB
Presiden Jokowi (tengag) saat meluncurkan food estate berbasis Mangga, di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (tengag) saat meluncurkan food estate berbasis Mangga, di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meluncurkan lumbung pangan (food estate) berbasis Mangga, di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (22/8). Jokowi mengharapkan, lumbung pangan yang terintegrasi dengan sistem irigasi ini akan meningkatkan produktivitas pertanian di Gresik.

“Hari ini saya berada Kabupaten Gresik untuk melakukan penanaman mangga di kurang lebih total 1.000 hektare di empat kecamatan. Kita harapkan food estate ini, ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta, dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini. Ada embungnya, ada food estate-nya, masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak,” kata Jokowi, seperti dikutip setkab.go.id.

Baca juga : Kemenkominfo-GNLD Siberkreasi Luncurkan 58 Buku Literasi Digital

Kepala Negara memperkirakan, dalam tiga tahun ke depan, tanaman mangga di lumbung pangan ini dapat dipanen untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik domestik maupun ekspor. Tak hanya di Gresik, lumbung pangan serupa juga akan dikembangkan di wilayah lain.

“Ke Timur Tengah, ke China, ke Jepang, ke Eropa, saya kira banyak permintaan, sehingga ini kita mulai. Nanti tidak hanya di Kabupaten Gresik, tapi juga di kabupaten lain yang kira-kira memiliki kondisi lahan marginal yang cocok untuk mangga,” ujarnya.

Baca juga : Samsung Luncurkan Dua Smartwatch Terbaru

Presiden meminta agar lumbung pangan dikelola dengan baik dengan kontrol kualitas yang juga baik. “Saya senang, kelihatan yang sudah tertanam di sini manajemennya sangat baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan QC (quality control) dari buyer-nya sehingga level kualitasnya akan naik,” ujarnya.

Program Taksi Alsintan
Pada kesempatan ini, Kepala Negara juga meluncurkan program Taksi Alsintan, yang bertujuan untuk menghadirkan teknologi pertanian di tengah-tengah petani dan akselerasi pemulihan ekonomi di sektor pertanian. Taksi Alsintan merupakan program penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan kredit usaha rakyat (KUR) dengan pemberian subsidi bunga dari Pemerintah.

Baca juga : Bamsoet Luncurkan Buku Ke-23, Indonesia Era Disrupsi

“Pemiliknya nanti satu, entah kayak ini UD Pesanggrahan, ada UD Dwi Putra Raya dan lain-lain, mereka memiliki alsintannya dan disewakan kepada petani-petani,” ujar Presiden.

Dengan dukungan pendanaan dari perbankan dan subsidi bunga dari Pemerintah, Presiden meyakini program Taksi Alsintan ini akan dapat dimanfaatkan para petani.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.