Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PUPR Tekankan Dialog Kinerja Dalam Pengelolaan Kinerja ASN

Kamis, 25 Agustus 2022 15:56 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohamad Zainal Fatah pada Seminar Pengelolaan Kinerja Individu dengan tema Becoming Empowering Leader Through Performance Dialogue, Selasa (23/8).
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohamad Zainal Fatah pada Seminar Pengelolaan Kinerja Individu dengan tema Becoming Empowering Leader Through Performance Dialogue, Selasa (23/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian PUPR tekankan dialog kinerja dalam pengelolaan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohamad Zainal Fatah pada Seminar Pengelolaan Kinerja Individu dengan tema “Becoming Empowering Leader Through Performance Dialogue,  Selasa (23/8). 

“Saat ini tengah dikembangkan konsep ASN sebagai human capital, di mana ASN dipandang sebagai aset utama yang menjadi sumber penggerak dari pembangunan. Untuk itu, pengembangan pegawai menjadi hal krusial yang harus mendapatkan perhatian khusus dari seluruh pimpinan unit kerja di Kementerian PUPR,” kata Zainal. 

Baca juga : Ganjar Dukung Sinergi ISEI Dalam Kebangkitan Ekonomi Daerah 

Melalui arsitektur human capital, Pemerintah ingin mempercepat proses transformasi ASN. Untuk itu, Zainal berharap setiap pimpinan unit kerja dapat segera mengimplementasikan konsep dialog kinerja sebagai salah satu upaya transformasi ASN Kementerian PUPR.

“Karena salah satu tugas pimpinan unit kerja adalah membersamai seluruh pegawai yang dipimpinnya untuk bersama-sama meraih prestasi, menyajikan kinerja yang terus membaik untuk memastikan amanah yang ada di pundak kita masing-masing dapat kita jalankan,” ujarnya. 

Dialog kinerja yang dimaksud bukan sekedar pertemuan pimpinan dengan pegawai, tetapi harus tercipta dialog yang intens dan berkelanjutan yang mampu menumbuhkan keterikatan (engagement), serta upaya untuk memberdayakan (empower) pegawai yang dipimpinnya sehingga mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. 

Baca juga : Menteri PUPR Ingatkan Kepada Siswa Bijak Menggunakan Air

Adapun melalui dialog kinerja, pegawai dapat memahami ekspektasi pimpinannya dan pimpinan pun diharapkan mampu memberikan umpan balik terhadap capaian, maupun kendala yang dihadapi pegawainya, serta mampu menentukan treatment yang tepat untuk setiap pegawainya, baik coaching maupun mentoring, sehingga setiap pegawai mampu mencapai kinerja terbaiknya. 

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni menyampaikan, terdapat tiga bentuk dialog yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Antara lain dialog pada saat klarifikasi ekpektasi atau pemberian tugas, dialog kinerja berkelanjutan, dialog evaluasi kinerja. 

“Pada dialog pertama saat memberikan tugas ada lima hal yang harus didiskusikan yaitu hasil yang diharapkan dari pegawai, panduan dalam bertindak, dukungan sumber daya, skema pertanggungjawaban, dan konsekuensi. Saat tugas berjalan juga terus dilakukan dialog berkelanjutan atau ongoing feedback dimana pimpinan menanyakan progres pekerjaan, pembelajarannya, serta apa yang dapat dibantu oleh pimpinan,” tuturnya.

Baca juga : HNW Sayangkan Lemahnya Program Perlindungan Sosial 2023

Sedangkan pada dialog evaluasi kinerja, pimpinan perlu menyampaikan predikat kinerja akhir pegawai secara jujur. Predikat tersebut akan menentukan insentif atau penghargaan, penyesuaian gaji, dan talent pool dari pegawai yang bersangkutan.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.