Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Thohir Luncurkan 30.000 UMKM Binaan BUMN Go Online

Selasa, 30 Agustus 2022 20:51 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat kick-off 30.000 UMKM BUMN Go Online yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (29/8). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir saat kick-off 30.000 UMKM BUMN Go Online yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (29/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menekankan pentingnya UMKM dalam pertumbuhan perekonomian nasional. Keberadaan UMKM amat penting untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"UMKM adalah mayoritas ekonomi Indonesia, pencipta lapangan kerja," tutur Erick dalam Kick-off 30.000 UMKM BUMN Go Online yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (29/8).

Dunia sekarang, kata Erick, sudah sangat berubah. Jika kita tidak beradaptasi, tidak mengerti digital, kita tidak akan maju. Karena digital ini akan membuat lapangan pekerjaan berubah dan jenis usaha berubah.

"Kita harus saling membantu, kalau tidak kita hanya jadi penonton saja, apalagi di era digital seperti sekarang," jelas Erick.

Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM, Kementerian BUMN dan BUMN menyalurkan pembiayaan untuk UMKM senilai Rp 386 triliun. "Sekitar 92 persen (pembiayaannya) dari bank-bank BUMN. Pembiayaannya ada, tinggal kita mau maju atau tidak," katanya.

Baca juga : FPCI Luncurkan 2nd Batch Indonesian Next Generation Journalist on Korea

Kini, untuk mendorong para UMKM binaan BUMN untuk memasarkan produk secara daring/online dan mengoptimalkan performansi UMKM dengan memberikan pelatihan online secara gratis dan asistensi kepada 30.000 pelaku UMKM BUMN di seluruh Indonesia.

Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi beberapa waktu lalu guna mendorong pelaku UMKM menjual produknya dengan memanfaatkan platform daring.

Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM untuk menjalankan model bisnis dari usahanya ini diberikan secara bertahap selama 3 bulan mulai dari Agustus sampai Oktober.

Para expertised di bidang e-commerce turut dilibatkan untuk mengajar sebanyak 500 UMKM di setiap kelas tiap harinya. Dalam pelaksanaannya BUMN bekerjasama dengan platform digital yang sudah memiliki ekosistem UMKM digital yaitu Shopee, Tokopedia dan Gojek.

Dia meminta semua BUMN dan 248 rumah BUMN supaya ada pelatihan go modern, agar produknya UMKM-nya lebih bagus, desain dan rasa mesti juga dilatih agar dapat go digital.

Baca juga : Universitas Budi Luhur Luncurkan Prodi Manajemen Bencana

'Ini saya terima kasih, Gojek, Shopee, Tokopedia mau bantu UMKM kita. Ekonomi kita adalah ekonomi kerakyatan, kita tidak anti yang besar, tapi yang besar harus peduli dengan yang kecil, harus kolaborasi, UMKM merupakan mayoritas pencipta lapangan pekerjaan, UMKM mendorong ekonomi Indonesia tidak boleh ditinggalkan," pungkas Erick.

Sebagai informasi, sebelumnya tercatat sebanyak 20.000 UMKM berhasil Go Online, sehingga setelah kegiatan ini berjalan jumlah UMKM binaan BUMN yang Go Online akan berjumlah 50.000 UMKM.

Dalam acara Kick Off 30.000 UMKM BUMN Go Online ini dilaksanakan dialog antara UMKM dengan Menteri BUMN sekaligus pemberian NIB kepada pelaku UMKM secara simbolik.

Tak hanya itu, ada pula Talkshow oleh pelaku UMKM yang telah sukses mengembangkan usahanya menggunakan platform digital atau e-commerce menceritakan pengalamannya yang dapat menginspirasi pelaku UMKM lainnya.

Salah satu narasumber yang menceritakan kisah sukses berjualan di pasar digital, yakni Muhammad Sadad selaku pemilik Erigo store. Diketahui, Erigo store merupakan brand fashion lokal yang berhasil dikenal di Amerika Serikat. Narasumber lainnya adalah pemilik merek sepatu lokal kenamaan Brodo yang berbagi pengalaman menjual produknya di pasar offline maupun online.

Baca juga : Erick Happy, Himbara Aktif Salurkan 100 Sapi Kurban Di Jawa Barat Dan Banten

Tak ingin ketinggalan, para pelaku UMKM binaan Telkom juga secara konsisten mengembangkan usahanya melalui kanal digital, sehingga BUMN Go Online ini menjadi salah satu hal yang mendapat dukungan dan perhatian.

UMKM binaan Telkom yang turut terlibat diantaranya adalah Janji seger, Birru Jewelry, dan Saung Batik Wdrupadi. Adanya Go Online iini selain menjadi penguat bagi para pelaku UMKM merupakan salah satu upaya Telkom dalam mendorong pertumbuhan ekonomi & sosial Indonesia dengan secara konsisten membimbing UMKM binaan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.