Dark/Light Mode

Dipake Untuk Program Percepatan Pangan

Dana Desa Bisa Kendalikan Inflasi

Rabu, 31 Agustus 2022 07:55 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Dok. Kemendes PDTT)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Dok. Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
“Artinya, dalam pengadaan barang dan jasa ini, Pemerintah Desa wajib memaksimalkan penggunaan material atau bahan dari desa setempat,” tegasnya.

Selain itu, dalam implementasi pengerjaannya, juga harus dilakukan gotong royong dan melibatkan partisipasi masyarakat desa setempat untuk menciptakan lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga : Ribuan Santri Dan Ulama Ponorogo Cintai dan Suarakan Ganjar Presiden 2024

Dalam pandangannya, perputaran uang yang lebih banyak di desa akan meningkatkan daya beli, dan tentunya akan mendorong ekonomi lebih bergeliat di tataran bawah.

Tujuannya, agar Dana Desa tersebut lebih banyak dan lebih lama berputar di dalam desa, serta memperluas lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga : Habib Aboe Bakar Bisa Bernapas Lega

Dengan demikian, Dana Desa akan berhasil mendukung pemberdayaan ekonomi desa dan memandirikan ekonomi warga miskin dan miskin ekstrem.

Positifnya, dengan kemandirian ekonomi, warga miskin desa akan mudah mendapatkan akses kredit usaha kecil dan mikro untuk memperkuat pendapatan ekonominya.

Baca juga : Gobel: Tanpa Kerja Keras Petani Dan Nelayan, Kita Bisa Kewalahan

“Memberikan akses warga desa, terutama warga miskin dan miskin ekstrem terhadap kredit usaha kecil dan mikro agar memberikan dampak pada pendapatan ekonominya mandiri,” tandas mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.