Dark/Light Mode

Jadi Warisan Presidensi G20 Indonesia

SAI20 Dorong Ekonomi Dan Pencapaian SDGs

Kamis, 1 September 2022 07:55 WIB
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun memberikan sambutan saat pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Supreme Audit Institutions 20 (KTT SAI20) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (29/8/2022). (Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo)
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun memberikan sambutan saat pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Supreme Audit Institutions 20 (KTT SAI20) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (29/8/2022). (Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menginisiasi pembentukan Supreme Audit Institutions 20 (SAI20), yang menjadi Engagement Group di G20. Pembentukan SAI20 akan menjadi salah satu warisan dalam masa Presidensi G20 Indonesia.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SAI20 dilaksanakan selama dua hari, di Nusa Dua Bali. KTT dihadiri 12 SAI negara-negara G20. Delapan SAI menghadiri langsung, empat lainnya hadir melalui virtual.

“Kami yang merupakan lembaga pemeriksa keuangan negara, atau supreme audit institution dari negara-negara G20, turut andil pada G20 melalui peran kami. Terutama, berkaitan dengan transparansi dan akuntabilitas tata kelola sektor publik,” ungkap Ketua BPK yang juga Ketua SAI20 Isma Yatun, kemarin.

Baca juga : Sandiaga Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

SAI20 diharapkan bisa menyampaikan perspektif audit yang independen untuk memudahkan kerja Pemerintah. Terutama, dalam merumuskan kebijakan pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19. Serta, mendukung pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs).

“Juga kebijakan dalam kesiapan negara menghadapi situasi krisis di masa depan,” ujar Isma dalam keterangan persnya, kemarin.

Selain itu, pembentukan SAI20 akan menjadi salah satu warisan Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga : Barang Mati Dihidupkan Lagi

“Ini kehormatan bagi SAI20 yang menunjukkan sebuah kolaborasi nyata untuk mengawal ekosistem akuntabilitas,” tuturnya.

Dalam KTT, SAI20 mengesahkan Rules of Procedures (RoP) dan kesepakatan Komunike SAI20.

Komunike SAI20 mendorong Pemerintah G20 mempercepat pemulihan ekonomi dan mencapai Agenda 2030 dengan memperbaiki arsitektur kesehatan Indonesia dan global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.