Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Guru TIK Di Kota Batam Ikuti Bimtek Literasi Digital

Sabtu, 3 September 2022 14:54 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan upaya mempercepat transformasi digital menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Pekan lalu, melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI Kominfo), Kemenkominfo menggelar 'Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T' yang berlangsung secara luring di Batam, Kepulauan Riau.

Acara terselenggara atas kerja sama dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbudristek).

Baca juga : Skuad Berkarya Digoda Pindah Ke Partai Lain

Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Pemerintah BAKTI Kominfo Latifa Hanum mengatakan, sejak 2015 hingga 2022, BAKTI Kominfo telah membangun 15.878 titik lokasi layanan internet se-Indonesia. Sebanyak 394 di antaranya terdapat di Provinsi Kepulauan Riau.

Selain itu, terdapat usulan pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pada 2023 untuk provinsi Kepulauan Riau sebanyak 439 titik yang difokuskan di pusat-pusat layanan publik, seperti sekolah, puskesmas, dan lain sebagainya.

"Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang krusial dalam mengoperasionalisasikan hingga dapat direkrut menjadi teknisi sebagai output yang diharapkan ketika infrastruktur dan akses internet telah diberikan," jelas Latifa, seperti keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (3/9).

Baca juga : Kemenkominfo Gandeng UPN Tingkatkan Literasi Digital

Sedangkan, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edi Priyanto memaparkan secara singkat mengenai posisi dan peran dari Balai Guru Penggerak yang bertugas dalam meningkatkan kapasitas guru dan tenaga pendidik. Serta, mengimplementasikan kurikulum mandiri.

"Kombinasi kedua metode belajar ini penting untuk meningkatkan kemampuan adaptasi dunia pendidikan terhadap perkembangan zaman, khususnya di tengah maraknya era perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat mendukung kebutuhan para guru dan siswa," ungkap Imam.

Pada bimtek ini, Kemenkominfo juga menggelar kelas Literasi Digital bagi para guru TIK. Materi diberikan oleh Oktora Irahadi selaku Head of Partnership Division Siberkreasi yang menyampaikan mengenai pentingnya kecakapan bermedia digital beserta tips dan trik dalam menggunakannya.

Baca juga : Kemenkominfo Dan UNU Beri Pelatihan Literasi Digital Masyarakat NTB

"Kita perlu cakap digital karena dunia digital memiliki banyak peluang. Selain itu, teknologi lebih cepat bergerak daripada pelaku yang mengadopsinya. Kita harus tahu bagaimana menavigasi diri kita di dunia digital dan bagaimana menggunakan internet,” jelas Oktora.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.