Dark/Light Mode

Urai Kemacetan, Flyover Patih Galung Rampung November 2022

Senin, 5 September 2022 22:04 WIB
Pembangunan Flyover Patih Galung Sumatera Selatan terus dikebut.
Pembangunan Flyover Patih Galung Sumatera Selatan terus dikebut.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan flyover di Jalan Jenderal Sudirman, Patih Galung, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, rampung pada November 2022. 

Pembangun Flyover Patih Galung ini untuk mengatasi kemacetan yang terjadi akibat adanya perlintasan sebidang rel kereta api di Jalan Jenderal Sudirman, Patih Galung, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. 

Baca juga : Kementerian ESDM Raih Penghargaan The Asset Manager 2022

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, konektivitas antar wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Basuki, Senin (5/9).

Baca juga : Capres Dari Kalangan Militer Patut Diperhitungkan Untuk 2024

Berdasarkan data progres fisik, pembangun Flyover Patih Galung hingga minggu ke 64 bulan Agustus telah mencapai 77,7%. Diharapkan pembangunan flyover selesai lebih cepat dari rencana akhir November 2022 untuk meningkatkan konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Prabumulih dan sekitarnya. 

Flyover Patih Galung dibangun untuk mengatasi masalah kemacetan yang kerap terjadi pada jam sibuk di Jalan Jenderal Sudirman yang dilalui arus lalu lintas dari arah Kabupaten Muara Enim menuju pusat Kota Prabumulih. 

Baca juga : Lagi, Fury Mau Gantung Sarung Tinju

Konstruksi Flyover Patih Galung memiliki total panjang efektif 382,35 meter terdiri dari 6 span dan 2 oprit lebar dengan lebar hingga tepi luar jembatan 21,20 meter. Selain itu memiliki lebar lajur 3,5 meter, bahu jalan luar 1,5 meter, dan lantai jembatan beton bertulang Fc 30’ tebal 23 cm dengan perkerasan rigit pavement 28,5 cm. Pembangunan dikerjakan oleh kontraktor PT.Ricky Kencana Sukses Mandiri dengan biaya Rp 86 miliar.

Untuk mendukung keselamatan pengendara, recananya Flyover Patih Galung dilengkapi lampu penerang dengan jarak tiang sekitar 25 meter, mulai dari awal oprit hingga ujung oprit.  Ornamen bangunan flyover juga akan memperhatikan aspek beautifikasi dengan mengedepankan seni dan budaya lokal Prabumulih. â–  
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.