Dark/Light Mode

Rupiah Pagi Ini Keok Lawan Dolar AS

Kamis, 18 Agustus 2022 10:02 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nilai tukar rupiah pagi ini dibuka melemah 0,12 persen ke level Rp 14.785 per dolar AS dibanding perdagangan Selasa (16/8) di level Rp 14.768 per dolar AS.

Pergerakan mata uang di kawasan Asia terpantau bervariasi terhadap dolar AS. Yen Jepang naik 0,05 persen, won Korea Selatan minus 0,16 persen, dolar Singapura turun 0,04 persen, peso Filipina melemah 0,07 persen, yuan China menguat 0,11 persen, baht Thailand melemah 0,06 persen dan dolar Hong Kong naik 0,01 persen.

Baca juga : Militan Anies Minta Video Lawas Jangan Dipelintir

Indeks dolar AS terhadap mata uang saingannya turun 0,09 persen ke level 106,39. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro melemah 0,39 persen ke level Rp 15.062, terhadap poundsterling Inggris minus 0,28 persen ke level Rp 17.774, dan terhadap dolar Australia melemah 0,28 persen ke level Rp 10.231.

Analis Keuangan dari DCFX, Lukman Leong mengatakan, nilai tukar rupiah akan berkonsolidasi dengan kecenderungan menguat. Ini ditopang oleh terkoreksinya dolar AS setelah pertemuan The Fed yang mengindikasikan kebijakannya tetap agresif di bulan berikutnya.

Baca juga : Erika Carlina, Cinlok Dengan Morgan Oey

"The Fed mengindikasikan masih akan terus melanjutkan kebijakan suku bunga hingga ada penurunan signifikan pada inflasi," jelasnya di Jakarta, Kamis (18/8).

Tercatat, inflasi AS pada Juli lalu memang turun menjadi 8,5 persen, dari Juni yang tercatat sebesar 9,1 persen. Namun, angka ini masih tinggi, sehingga kebijakan the Fed kemungkinan masih ketat.

Baca juga : Jokowi Panggil Tokoh Relawan Dan Kapolri Ke Istana, Ada Apa Ya?

“Secara keseluruhan, The Fed diperkirakan juga bakal mengambil kebijakan sebaliknya atau dovish. Hal ini karena kenaikan suku bunga AS dinilai sudah cukup tinggi dan berdampak tidak baik bagi pertumbuhan ekonomi,” kata Lukman.

Menurutnya, pejabat The Fed juga mengkhawatirkan penurunan yang telah terjadi pada beberapa ekonomi yang sensitif pada suku bunga. Ia memproyeksi, nilai tukar rupiah sepanjang hari ini berada di kisaran Rp 14.675 hingga Rp 14.825 per dolar AS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.