Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menhub Gandeng Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Kamis, 15 September 2022 14:25 WIB
Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kamis (15/9). (Foto: Ist)
Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kamis (15/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak seluruh pelajar di Indonesia untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. 

BKS-sapaan akrab Budi Karya mengatakan, sebagai generasi muda penerus bangsa, pelajar berperan penting untuk mewujudkan penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas yang mayoritasnya melibatkan usia pelajar (15-19 tahun).

"Dari jumlah kecelakaan lalu lintas, kebanyakan dialami kalangan pelajar atau remaja yang masih labil emosinya," ujarnya dalam acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kamis (15/9).

Menhub mengungkapkan, di seluruh dunia, kecelakaan lalu lintas setidaknya telah merenggut 1,3 juta nyawa manusia. Mayoritas orang yang meninggal akibat kecelakaan adalah generasi muda. "Dari mereka yang mengalami kecelakaan dan meninggal itu, kebanyakan adalah dari kalangan remaja, yang ngebut-ngebut di jalan raya," ungkapnya.

Baca juga : Urusan Beras Pabaliut

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini meminta kepada para pelajar terpilih, untuk mengajak dan mengingatkan rekan-rekannya sesama pelajar menjaga keselamatan dalam berlalu lintas di jalan.

“Adik-adik yang terpilih menjadi pelopor ini sudah mengerti pentingnya keselamatan berlalu lintas. Jadi tolong untuk diingatkan juga teman-temannya," tegasnya.

Ia menilai, edukasi tentang keselamatan berlalu lintas sangat penting dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas yang baik dan berkeselamatan. 

“Di seluruh dunia setiap harinya ada korban kecelakaan lalu lintas yang jumlahnya banyak sekali. Kita menginginkan jumlahnya bisa berkurang atau bahkan tidak ada kecelakaan,” ucapnya.

Baca juga : Jasa Raharja Gaet Mahasiswa Hadirkan Inovasi Keselamatan Berlalu Lintas

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hendro Sugiatno menjelaskan, kegiatan pemilihan pelajar pelopor ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat kecelakaan di jalan khususnya yang melibatkan usia remaja.

Kegiatan ini berlangsung mulai 12-15 September 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 37 siswa yang berasal dari 17 provinsi. Hendro mengatakan, kegiatan ini untuk menambah wawasan tentang keselamatan lalu lintas.

Tak hanya itu, para peserta diberikan pembekalan sejumlah materi yakni, motivasi dan pengembangan diri, manajemen kampanye keselamatan, sosialisasi sekolah Kemenhub, perilaku pelajar berkeselamatan jalan, public speaking, mechanic school, penanganan korban kecelakaan lalu lintas, dan narkoba dikalangan remaja.

Untuk diketahui, pada September 2020 Majelis Umum PBB telah mendeklarasikan Decade of Action (DoA) for Road Safety 2021-2030 yang bertujuan untuk mengurangi kematian dan cedera lalu lintas jalan setidaknya 50 persen dari 2021-2023. 

Baca juga : Dialog Kebangsaan Perindo, TGB: Persatuan Jadi Penyelamat Bangsa

Setiap negara anggota, termasuk Indonesia dituntut untuk meningkatkan upaya keselamatan yang dijalankan pada skala nasional, regional dan global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.