Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gedung Kemendes PDTT Terbakar, 2 Pegawai Sempat Terjebak

Alhamdulillah, Tak Ada Korban Jiwa

Kamis, 15 September 2022 20:31 WIB
Foto: Humas Kemendes PDTT.
Foto: Humas Kemendes PDTT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gedung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Kalibata mengalami kebakaran pada Rabu (14/9) malam.

Dikabarkan, ada dua pegawai yang sempat terjebak dan tak bisa meninggalkan gedung utama. Kebakaran tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 21.36 WIB dan menghanguskan ruang Inspektorat Wilayah III yang terletak di lantai 4 gedung utama Kemendes PDTT.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar bersyukur kejadian kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa. Dua orang karyawan yang terjebak di dalam gedung sempat naik ke Rooftop Kemendes PDTT, telah diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran alias damkar.

"Tadi sempat ada dua pegawai yang sempat terjebak di lantai 7, Alhamdulillah bisa diselamatkan dengan kondisi baik oleh teman-teman pemadam kebakaran," ujar Halim, saat meninjau langsung lokasi kebakaran, Kamis (15/9).

Baca juga : Top, 5G Ampuh Kerek Produktivitas Tambang

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, mengaku belum mengetahui sebab kebakaran tersebut. Menurutnya, ruangan inspektorat III yang mengalami kebakaran tersebut dalam kondisi kosong, tidak ada pejabatnya.

"Lagi Plt, pejabat sebelumnya jadi Sekda di Musi Rawas Utara. Nah itu, sehingga kita juga pengen tahu betul ruangan kosong kok bisa ada kebakaran kira-kira apa penyebabnya," tuturnya.

Gus Halim menceritakan, kebakaran awalnya ditemukan oleh petugas patroli dan kemudian lekas melakukan upaya pemadaman.

Merasa sudah tidak bisa dipadamkan, petugas patroli kemudian lari ke bawah dan menghubungi pemadam kebakaran dan kepolisian. 

Baca juga : Nggak Sabar, TSK-nya Kopral Apa Jenderal

"Alhamdulillah, bisa tertangani dengan cepat, meskipun di lantai empat sudah kena dan saya terima kasih banget kepada Tim Damkar yang luar biasa. Cekatan, tepat, bahkan dengan kondisi api begitu. Ada 12 Damkar yang datang, itu kan berarti ke siap-siagaannya sangat luar biasa. PMI juga, tadi malam sempat saya temui semua, saya ucapkan terima kasih," ungkap Gus Halim.

Akibat musibah ini, kerugian ditaksir kurang lebih mencapai Rp 1,5 miliar. Gus Halim menegaskan akan mengevaluasi secara menyeluruh agar kejadian kebakaran tidak terjadi lagi dan dapat diantisipasi.

Alhamdulillah selamat, kalau bahasa Jawanya, belahi selamat. Cuma kita ingin tahu betul apa penyebab kebakaran itu supaya menjadi bagian dari introspeksi kita, kalau misalnya listrik kenapa, nanti kita akan ada evaluasi kondisinya," terangnya.

Gus Halim juga menerangkan, setiap malam di kantor Kemendes PDTT selalu ada patroli di setiap gedung, setiap lantai dan setiap ruangan.

Baca juga : Kemenkes Terus Pantau Makanan Jemaah Haji, 25 Sampel Tak Laik Konsumsi

Jika ada ruangan yang masih nyala, oleh petugas patroli kemudian diketuk, kalo tidak ada orang, ruangan tersebut kemudian dibuka untuk dimatikan lampu dan AC-nya.

“Karena ini menjadi SOP kita dalam penghematan energi, jadi setiap hari ada patroli. Nah pas hari itu patroli ada kebakaran langsung tim sekuriti kita bertindak tapi tidak mampu karena apinya sudah agak besar jadi pakai hydrant, hydrantnya kena tapi sudah tidak kuat,” ungkap eks Ketua DPRD Jawa Timur ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.