Dark/Light Mode

Ribuan Kerbau Di Pulau Moa Mati Karena Sulit Air, Jokowi Langsung Minta Menteri PUPR Bikin Embung

Kamis, 15 September 2022 20:44 WIB
Presiden Jokowi saat berdialog dengan peternak kerbau di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (15/9). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat berdialog dengan peternak kerbau di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (15/9). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku, Presiden Jokowi meninjau dan bertemu dengan peternak kerbau di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (15/9).

Presiden berkesempatan berdialog dengan para peternak kerbau, dan menyerap aspirasi mereka.

Kepala Desa Werwaru Elias Tenggawna yang turut berdialog dengan Presiden Jokowi curhat, jumlah kerbau saat ini jauh berkurang.

Baca juga : Yasonna Bikin Nangis Menteri, Tapi Bikin Senyum Wantimpres

Dia bilang, hal tersebut disebabkan oleh kondisi alam yang sudah tidak mendukung untuk beternak. Salah satunya, kekurangan air akibat kekeringan.

“Kendala di Pulau Moa ini adalah air. Sangat susah. Jadi, ketika musim kemarau begini, kerbau mati sampai ribuan ekor,” ungkap Elias.

Karena itu, dia pun meminta pemerintah pusat untuk membantu mengatasi masalah kekurangan air tersebut.

Baca juga : Siang Ini, Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi Menteri PAN RB

Kontan, Presiden langsung memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membangun satu embung di setiap desa.

“Sudah. Ini saya perintah Pak Menteri PU, supaya langsung buat (embung) ya,” ujar Kepala Negara.

Para peternak kerbau pun mengapresiasi jawaban Presiden, untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga : Jokowi: Kalau Nggak Tuntas Di Menteri Investasi, Silakan Hubungi Saya

Kepala Desa Werwaru Elias Tenggawna juga turut menyampaikan terima kasih, atas kesediaan Presiden Jokowi berkunjung ke daerah tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak, yang sudah datang ke tempat kami yang sangat jauh ini,” tutur Elias.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden dan Ibu Iriana didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.