Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siap Berkontribusi Dalam Program Warung NKRI BNPT

FKPM Dai Kamtibmas Nasional Indonesia Perkuat Wawasan Kebangsaan

Senin, 19 September 2022 19:15 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diwakili Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas, Bangbang Surono, menerima audiensi Forum Kemitraan Polisi Masyarakat ( FKPM ) Da'i Kamtibmas Nasional Indonesia di Kantor BNPT Sentul, Senin (19/9).

Audiensi dan silaturahmi ini bertujuan untuk membahas bentuk kerja sama antara kedua belah pihak, terutama dalam mendukung program Warung NKRI BNPT.

"Sembilan Warung NKRI tersebar di seluruh Indonesia, program ini mengusung strategi pentahelix. Mulai dari pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, media dan masyarakat. Maka, kerja sama dengan FKPM ini penting dilakukan," ujar Surono, Senin (19/9).

Baca juga : Wamenag Tegaskan Indonesia Butuh Strategi Kebudayaan

Sekretaris Jendral FKPM Edy Supriyadi menyambut baik adanya kerja sama ini, mengingat tujuan FKPM selaras dengan BNPT, yakni menjaga keutuhan NKRI.

"Program BNPT sangat cocok dengan tugas kami yakni menjaga keutuhan NKRI," tuturnya.

Dirinya pun menambahkan jika selama ini FKPM telah melakukan serangkaian pembinaan untuk mempersiapkan penceramah agama yang moderat.

Baca juga : Bamsoet Ajak Semua Elemen Perkuat Ketahanan Budaya Bangsa

Dijelaskannya, FKPM memiliki program Green Dakwah yang memberikan kesempatan kami untuk memverifikasi da'i. Da'i-da'i imi tidak hanya menguasai bidang agama, tetapi juga wawasan kebangsaan.

"Sejauh ini jumlahnya sudah 8.000 lebih. Daftar-daftar da'i yang sudah terverifikasi bisa di akses di aplikasi ustadz kita yang baru launching pada 6 September silam," terangnya.

Bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan dalam ruang lingkup kerja sama ini, di antaranya menghadirkan penceramah agama yang juga menguasai wawasan kebangsaan dalam acara-acara tertentu yang akan diadakan di lokasi Warung NKRI.

Baca juga : Akademisi IPB: Produktivitas Padi Indonesia Peringkat Kedua Di Asia

Kemudian, mendesain pendirian Warung NKRI di pesantren sebagai salah satu percontohan, serta rencana memperlengkap penceramah agama dengan narasi-narasi anti terorisme melalui pelatihan dan sertifikasi.

Kerja sama ini juga akan ditindaklanjuti dengan adanya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Kerja sama ini diharapkan akan memperkuat program Warung NKRI dalam menyebarkan semangat anti radikalisme dan terorisme.

Serta l, mempertahankan corak Islam Indonesia yang moderat, tasamuh (toleran), tawazun (seimbang) dan itidal (lurus). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.