Dark/Light Mode

BNPT Anggap Kearifan Lokal Betawi Bisa Cegah Ideologi Terorisme Dan Radikalisme

Selasa, 20 September 2022 18:43 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menerima audensi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi DKI Jakarta di Kantor BNPT RI Sentul, Kab. Bogor pada Selasa (20/9).

Dalam audensi ini Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar berbincang dengan Ketua FKDM Munir Arsyad terkait dukungan FKDM untuk menjadi inisiator dalam kegiatan-kegiatan budaya Betawi.

Hal ini merupakan upaya penguatan nilai-nilai kebudayaan lokal untuk menangkal ideologi transnasional, radikalisme dan terorisme di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga : Pemuda Dayak Basap Gembira Sambut IKN

"Penguatan budaya lokal. Bangun budaya Betawi dalam rangka melawan ideologi transnasional," katanya.

Kepala BNPT berharap, FKDM DKI Jakarta dapat memaksimalkan ruang publik di DKI Jakarta untuk aktif melakukan sosialisasi membangun kesadaran masyarakat akan ancaman radikalisme dan terorisme dengan konsep Warung Wadah Akur Rukun Usaha Naruni Gelorakan (Warung) NKRI.

"Penggunaan ruang publik dapat dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi dan diskusi kebangsaan dalam membangkitkan kesadaran masyarakat. Nanti warga RT dan RW dapat berkumpul. FKDM dapat menjadi fasilitator dan narasumber," jelasnya.

Baca juga : INSIGHT Beri Beasiswa Sekolah Film Bagi Teman Difabilitas Tuli

Dalam pertemuan ini, Kepala BNPT juga melihat kemungkinan kerja sama terutama di bidang pencegahan radikalisme dan terorisme di wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua FKDM DKI Jakarta menyatakan kesiapannya untuk membantu sekaligus mendukung program BNPT dalam rangka menjaga seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman radikalisme dan terorisme.

"Kita akan terus siap menerima arahan dan kerja sama dari BNPT," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.