Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Literasi Digital

Kemenkominfo Bagikan Tips Bisnis Digital Di Sumatera

Kamis, 22 September 2022 11:13 WIB
Foto: Zoom.
Foto: Zoom.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama siberkreasi kembali gelar webinar untuk wilayah Sumatera dengan konsep Bisnis Digital: Selling Through Social Media.

Webinar ini menghadirkan narasumber dengan berbagai latar belakang. Di antaranya, Duta Kampus Universitas Putra Indonesia Cianjur (UNPI) Lusi Ayu Daningsih dan Head of RnD Urban Sakola, Denisa Nurl.

Lalu, serta Aji Kresno, Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta.

Dalam webinar tersebut, Lusi Ayu membahas mengenai konsep penjualan melalui sosial media yang akhir-akhir ini marak digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa.

Baca juga : Pekan Literasi Digital Hadir Di Kota Palopo

Dia membagikan 5 tips, agar penjualan lewat media sosial bisa meningkatkat. Pertama, dia bilang, selalu tentukan target potensial. Kedua, gunakan caption, hastag yang menarik di setiap postingan.

Ketiga, selalu memberi respon setiap kali ada pelanggan atau audiens yang komentar atau mengirimkan pesan ke sosial media. Selanjutnya, tentukan platform sosial media yang tepat dengan target potensial.

"Terakhir, jangan lupa untuk melakukan promosi seperti diskon setiap kali melakukan posting produk anda," papar Lusi Ayu.

Sementara Denisa Nur memperkaya pembahasan mengenai konsep selling through social media ditinjau dari perspektif etis digital. Dia bilang ada 4 etika bertransaksi di ruang digital yang perlu diketahui.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Pemasaran Di Medsos

Pertama, daftarkan diri baik penjual dan pembeli sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan. Kedua, kenali dengan baik seluruh fitur yang tersedia. Ketiga, pastikan perangkat digital yang digunakan untuk transaksi sudah aman.

"Terakhir, baik penjual maupun pembeli sebaiknya memberikan layanan bantuan yang mudah untuk diakses," ujar Denisa Nur.

Sedangkan Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai rahasia membuat konten viral ditinjau dari perspektif pilar aman digital.

Menurutnya, apapun aktivitas yang kita lakukan di ruang digital tidak pernah ada yang 100 persen aman. Oleh karenanya dia meminta selalu berpikir kritis dan tidak mudah percaya dengan semua hal yang ada di internet.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Bagi ASN Pemprov Sulsel

"Itu dapat menjadi satu proteksi keamanan yang paling efektif untuk menghindarkan kita dari tindakan kejahatan internet," tutup Aji Kresno. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.