Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prangko Tunjukkan Kedaulatan Negara Di Wilayah Perbatasan

Senin, 26 September 2022 19:09 WIB
Foto: Humas BNPP.
Foto: Humas BNPP.

RM.id  Rakyat Merdeka - Faktor kekalahan Indonesia dari Malaysia dalam konflik perebutan pulau Sipadan-Ligitan silam, karena kurangnya dokumen yang menunjukkan klaim kedaulatan sebuah negara. Salah satunya adalah keberadaan prangko. Malaysia memiliki prangko Sipadan-Ligitan.

"Sedangkan kode pos Indonesia di Sipadan-Ligitan saja, waktu itu tidak ada," kata Tjahjaning Seno, anggota Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) Prangko Indonesia, di Kantor Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Atambua, Nusa Tenggara Timur, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (26/9).

Seno menjelaskan, prangko mampu menunjukkan kedaulatan suatu negara di wilayah perbatasan. Setiap terbit suatu prangko maka akan mendapat pengakuan lebih dari 200 negara anggota Universal Postal Union (UPU), sebuah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1874.

Baca juga : KAI Pasang Solar Panel Di Stasiun Dan Perkantoran

Organisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dan prangko, yang bermarkas di Bern, Swiss.

"Demikian juga sebaliknya, bila negara-negara anggota UPU tidak mengakui negara tersebut, maka prangko nya juga tidak diakui," ujarnya.

Pernyataan Seno diungkapkan pada saat kunjungan lapangan Pokjanas Prangko bersama Direktorat Pos Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ke PLBN Motaain.

Baca juga : Pengamat: Tudingan Dugaan Kecurangan Pemilu Di 2024 Jadi Boomerang Bagi Partai Demokrat

PLBN Motaain sendiri telah menjadi gambar prangko yang dicetak oleh PT Pos Indonesia pada tanggal 17 September 2022, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-12 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

"Ini merupakan hadiah ulang tahun untuk BNPP," kata Andri Indrawan, Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Pimpinan BNPP.

Di samping PLBN Motaain di NTT, lanjut Andri, prangko seri PLBN tahun ini juga menerbitkan gambar PLBN Aruk di Sambas, Kalimantan Barat dan PLBN Skouw di Jayapura, Papua.

Baca juga : Bangun Kedaulatan Partai, Megawati Siapkan Kantor Baru di Perbatasan

"Kunjungan lapangan bersama Pokjanas Prangko dan Dit Pos Kemenkominfo ini akan dilanjutkan ke PLBN Wini yang tidak jauh dari PLBN Motaain, untuk mengetahui kemungkinan PLBN Wini diusulkan sebagai gambar prangko selanjutnya," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.