Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Program Literasi Digital

Kominfo Kasih Tips Digital Iklan Berbasis Pelaku

Jumat, 30 September 2022 21:22 WIB
Webinar bertajuk Tips Digital: Ads (Iklan) Berbasis Perilaku yang diselenggarakan Kementerian Kominfo. (Foto: Ist)
Webinar bertajuk Tips Digital: Ads (Iklan) Berbasis Perilaku yang diselenggarakan Kementerian Kominfo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peningkatan literasi digital terus digalakkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Bersama gerakan Siberkreasi, telah dilakukan 46 webinar di seluruh Indonesia. Kali ini webinar digelar di Sumatera.

Temanya, Tips Digital: Ads (Iklan) Berbasis Perilaku. Kegiatan ini diisi tiga narasumber yang berkecimpung dalam dunia digital.

Pertama, Lusi Ayu Daningsih selaku Duta Kampus UNPI Cianjur. Dia menyampaikan materi tentang iklan berbasis perilaku ditinjau dari perspektif cakap digital. "Ada 4 syarat untuk membuat iklan berdasarkan perilaku," kata dia, dikutip Jumat (30/8). 

Baca juga : Lewat Berbagai Program Dedikasi, Trakindo Berhasil Raih Prestasi

Pertama, iklan harus bersifat objektif, proporsional, dan jujur. Kedua, iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami banyak orang.

Ketiga, iklan sebaiknya dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat. "Terakhir, iklan harusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak atau produk lain," tukas Lusi.

Narasumber kedua adalah Denisa Nur selaku Head of RnD Urban Sakola. Dia memberi pemahaman tentang perilaku ditinjau dari perspektif etis digital.

Baca juga : Literasi Digital Solusi Cerdas Agar Tak Bablas Gunakan Medsos

Menurutnya, ada 3 etika yang perlu dipahami untuk memasang iklan berdasarkan perilaku. Pertama, menginformasikan produk dan harga secara jujur.

"Kedua, memberikan pelayanan sesuai dengan janji. Terakhir, menjaga sopan santun," singkat Denisa Nur.

Sementara narasumber terakhir adalah Aji Kresno, selaku Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta Dia membagikan kiat-kiat agar masyarakat aman dalam berjualan lewat daring.

Baca juga : Kominfo Dan Siberkreasi Terus Galakkan Program Literasi Digital Di Sumatera

Pertama, harus memberikan watermark pada konten digital yang kita buat. Tujuannya, agar tidak diklaim orang lain. Tips kedua selalu mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) pada perangkat kita.

Autentikasi dua faktor ini adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akun kita lebih baik. "Terakhir, selalu membaca dengan baik ketentuan yang berlaku untuk melakukan ads (iklan)," pungkas Aji Kresno
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.