Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bupati Nikson Instruksikan Jajarannya Gercep Bantu Korban Gempa Taput

Sabtu, 1 Oktober 2022 13:30 WIB
SDN di Kecamatan Parmonagan Kab Tapanulli Utara rusak akibat gempa pada Sabtu (1/10) pukul 02.41 WIB.
SDN di Kecamatan Parmonagan Kab Tapanulli Utara rusak akibat gempa pada Sabtu (1/10) pukul 02.41 WIB.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan bergerak cepat bantu warga korban Gempa berkekuatan Magnitudo 6.0 mengguncang wilayah Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, pada Sabtu (1/10) pukul 02.41 WIB.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten sedang melakukan evakuasi, pendataan korban, bangunan rusak akibat gempa tersebut.

"Kami lakukan evakuasi warga di rumah sakit.  Nggak perlu di luar, apa lagi musim hujan," ujar Nikson kepada wartawan, Sabtu (1/10).

Baca juga : Dubes RI Di Islamabad Galang Dana Bantu Korban Banjir Pakistan

Akibat gempa ini, 1 orang warga dilaporkan meninggal dunia dan 9 warga mengalami luka-luka. Untuk daerah terdampak berada di Kecamatan Parmonangan, merupakan titik pusat gempa di Kabupaten Taput. Sedangkan kerusakan rumah di Parmonangan, Pemerintah akan turun tangan membantu.

Ia menjelaskan, pihaknya terus melakukan pendataan terhadap bangunan rumah warga, fasilitas umum hingga tempat ibadah yang rusak akibat gempa tersebut. 

"Belum kita data semuanya. Dari keterangan depan kantor Satpol PP ada rumah rusak. Depan terminal rumah ada rusak. Kemudian, ada beberapa tiang listrik rusak. Infrastruktur atau jembatan belum ada laporan dari jajaran Koramil, kecamatan dan desa untuk pengecekan," jelas Nikson.

Baca juga : BBM Naik, Teten Cs Siapkan Kasih Bantuan Ke UKM

Bupati mengimbau, kepada Kepala Desa dan Muspika di masing-masing wilayah di Kabupaten Taput untuk turun langsung membantu warga dan melayani masyarakat terkena imbas langsung bencana alam tersebut.

"Kita meminta kepada Kepala desa, Muspika tetap waspada, membangun dapur umum, membangun posko. Takutnya, masih ada gempa susulan. Kita harapkan bantuan semua pihak, kita harapkan tidak ada lagi gempa susulan," ujar Nikson.

Nikson yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan ini mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumut ikut turun membantu di Kabupaten Taput yang terdampak dari gempa bumi ini.

Baca juga : West Mall Grand Indonesia Tutup Sementara

"Kita harapkan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi untuk membantu fasilitas rumah yang rusak dan bantuan sosial bagi para korban,"  ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.