Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangun Pusat Persemaian, Menteri Siti Dipuji DPR

Kamis, 1 September 2022 07:04 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri LHK Siti Nurbaya menijau pembangunan pusat persemaian  di wilayah Bogor, Jawa Barat..
Presiden Jokowi bersama Menteri LHK Siti Nurbaya menijau pembangunan pusat persemaian di wilayah Bogor, Jawa Barat..

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Pusat Persemaian yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diapresiasi DPR. 

Dalam kunjungan kerjanya, Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Anggia Erma Rini mengapresiasi Pemerintah yang telah membangun Persemaian Rumpin, yang dikelola secara modern dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kerjanya. 

Baca juga : Aksi 8 Menit Lerby Eliandry Dipuji Teco

“Komisi IV DPR mendorong Kementerian LHK untuk berkolaborasi dengan K/L terkait, Pemerintah Daerah, swasta dan lembaga pendidikan untuk pendistribusian bibit dari persemaian dalam rangka menyukseskan program rehabilitasi hutan dan lahan, terutama yang dilakukan di luar kawasan hutan,” kata Anggia dalam kunjungan Kerja ke Persemaian Rumpin pada Jumat (26/8), seperti keterangan yang diterima RM.Id, Kamis (1/8).
 
Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Bambang Purwanto meyakini bahwa bibit-bibit yang dihasilkan dari Persemaian Rumpin berkualitas baik dan bermanfaat bagi masyarakat. 

“Manfaatnya akan semakin terasa apabila program rehabilitasi hutan dan lahan dilaksanakan secara terpadu dan kolaboratif,” ujarnya.
 
Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan, Dyah Murtiningsih menyampaikan, bahwa Pemerintah Pusat terus berupaya memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan melalui mekanisme Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil-Dana Reboisasi (DBH-DR). 

Baca juga : Babak Pertama, Ginting Sikat Wakil Brazil

Selain itu, juga dukungan penyediaan bibit dari berbagai lokasi persemaian permanen di seluruh Indonesia, serta melalui program Kebun Bibit Rakyat dan Kebun Bibit Desa.
 
“Tak hanya itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya telah menginstruksikan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian LHK untuk menanam minimal 25 pohon seumur hidupnya dan mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang sama. Bibit pohon bisa didapatkan secara gratis di berbagai lokasi persemaian permanen. Satu KTP bisa memperoleh 25 bibit pohon,” terangnya.
 
Lebih lanjut Dyah menjelaskan, bahwa bibit-bibit yang diproduksi di Persemaian Rumpin saat ini menyesuaikan dengan permintaan dari masyarakat setelah BPDAS Citarum Ciliwung melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah se-Jawa Barat dan Banten.
 
Pembangunan Persemaian Rumpin merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo untuk Pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional pada tanggal 27 November 2020.

“Atas arahan tersebut, Kementerian LHK bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta April Group membangun Persemaian Rumpin,” ungkap  Dyah
 
Pada tahun 2022, Persemaian Rumpin mempunyai target produksi sebanyak 8 juta bibit. Hingga saat ini, jumlah bibit yang telah dihasilkan sebanyak 5,14 juta bibit dan telah didistribusikan sebanyak 2,74 juta bibit.

Baca juga : Bikin Reuni Para Menko Perekonomian, Airlangga Banjir Pujian

Pada akhir kunjungan kerja, Anggia mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kerja Persemaian Rumpin atas kinerjanya selama ini dalam menghasilkan bibit yang berkualitas dan bermanfaat, baik secara ekologi maupun ekonomi.

Selain ke Persemaian Rumpin, Komisi IV DPR juga melakukan kunker meninjau pengelolaan sampah yang dilakukan Komunitas Waste4Change di Kota Bekasi. Kunjungan kerja tersebut didampingi oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.