Dark/Light Mode

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kemenkominfo Dan Kemendagri Berikan Literasi Digital ASN Banten

Senin, 10 Oktober 2022 20:28 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Banten.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 20-22 September 2022 di Hotel Mercure Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan dengan dihadiri oleh 18.000 ASN Pemerintah Provinsi dan Kota Banten yang dibagi dalam beberapa batch.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital bagi ASN, yang merupakan salah satu target nasional Kemenkominfo menuju transformasi digital di Indonesia.

Partisipasi ASN di lingkup Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam mengikuti kegiatan Literasi Digital Pemerintah merupakan salah satu pendorong terciptanya Indonesia Makin Cakap Digital.

Baca juga : Indikator: Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Menteri ATR/BPN Di Atas 60 Persen

Ketua Tim Literasi Digital Pemerintahan Niki Maradona berharap, kegiatan itu dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan kecakapan penggunaan teknologi digital.

“Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan perangkat dan akun yang digunakan, serta mendorong ASN mengenal dan mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan sektor publik pada masyarakat,” ujar Niki, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (10/10).

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 yang lalu, didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00.

Berdasarkan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori “sedang”. Kegiatan literasi digital merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan ASN menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Baca juga : Kemenkominfo Perkuat Literasi Digital Di Bali

Kepala Bagian BPSDM Provinsi Banten Untung Sarutomo mengatakan, ASN pada era saat ini harus menerima digitalisasi pada proses kerjanya agar semakin produktif dan harus memanfaatkan digitalisasi ini secara positif.

“Era digitalisasi ini harus bisa kita [ASN] jadikan sarana untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat sesuai dengan motto kita yakni Berakhlak. Harapannya teman-teman semua yang ikut akan menggunakan hasilnya untuk melayani masyarakat dan meningkatkan kompetensi kita,” tambahnya.

Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono turut mengatakan, ruang digital yang ada saat ini memiliki dua sisi, yakni peluang dan tantangan.

Menurutnya, peluang di ruang digital harus dimanfaatkan secara optimal melalui pendekatan literasi sebagai kecakapan, kemampuan untuk membaca, mendengar, melihat, menulis, menjelaskan dan menerapkan semua konten digital sebagai potensi untuk memanfaatkan segala hal positif yang ada di dalam ruang digital.

Baca juga : Dukung Ketahanan Pangan, Kementan Ajak Generasi Milenial Terjun Ke Pertanian

Sedangkan, sisi yang lain adalah tantangan, dimana ruang digital perlu kecakapan penggunanya untuk mengubah pandangan yang pesimistis menjadi lebih optimis dengan memanfaatkan digital.

"Melalui literasi digital, diharapkan dapat membantu kita untuk memiliki visi serta pemahaman yang lebih jelas dalam era digital sehingga lincah menghadapi perubahan dengan pendekatan keahlian yang tepat,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.